Breaking News:

Jawa

Jelang Musim Penghujan BPBD Klaten Imbau Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Himbauan tersebut disampaikan terutama kepada warga-warga yang tinggal dilereng perbukitan dan bantaran sungai yang ada.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Kompas Travel
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengimbau warga Klaten untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang masuknya musim penghujan tahun 2021 di daerah itu.

Himbauan tersebut disampaikan terutama kepada warga-warga yang tinggal dilereng perbukitan dan bantaran sungai yang ada.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Rujedy mengatakan jika beberapa wilayah yang diminta untuk waspada pada musim kemarau yakni Kecamatan Cawas, Bayat, Wedi.

"Kita sudah siapkan peralatan pendukung untuk evakuasi bencana. Koordinasi secara internal BPBD juga sudah, yang perlu waspada di sekitar Kali Dengkeng juga ya," ujarnya saat Tribunjogja.com temui di Setda Klaten, Kamis (16/9/2021).

Menurutnya, pada musim hujan beberapa potensi bencana alam yang sering muncul beberapa diantaranya yakni banjir, tanah longsor dan angin kencang.

Baca juga: Kekeringan di Klaten Meluas ke 7 Desa di 4 Kecamatan, BPBD Salurkan 486 Tangki Air

"Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap waspada," imbuh dia.

Salah satu caranya, kata dia, masyarakat diminta untuk melakukan pemantauan debit air diareal rawan banjir dengan tujuan untuk antisipasi terjadinya bencana akibat hujan.

Dengan kewaspadaan seperti itu, kata dia, lingkungan bisa terhindar dari bencana yang dapat menyebabkan korban jiwa.

Disamping itu, Rujedy mengatakan jika selain potensi bencana di musim hujan, pihaknya juga mengimbau warga yang berada di lereng gunung merapi untuk tetap waspada.

Pasalnya, hingga saat ini Gunung Merapi masih berstatus siaga atau level III.

"Kewaspadaan memang selalu terus ditingkatkan, karena Merapi juga masih aktif ya. Kita juga masih lakukan sambang desa di tiga desa rawan bencana merapi," ungkapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved