Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

Rutan Kelas IIB Wates Gelar Simulasi Pencegahan Kebakaran

Simulasi dilakukan sebagai upaya deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan oleh bencana non alam seperti kebakaran.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Karutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto melakukan simulasi kebakaran di halaman depan Rutan Kelas IIB Wates, Rabu (15/9/2021). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Wates menggelar simulasi kebakaran bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran dan Rescue Kabupaten Kulon Progo, Rabu (15/9/2021). 

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan kegiatan simulasi dilakukan sebagai upaya deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan oleh bencana non alam seperti kebakaran

Sehingga ia berharap simulasi ini bisa menjadi bekal yang bermanfaat bagi peserta pelatihan khususnya dalam proses pengamanan rutan dan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tugas dan tanggungjawab petugas pemasyarakatan. 

"Apabila terjadi kebakaran kita bisa mengatasinya. Berbekal teknik pengamanan yang sudah didapat dari petugas pemadam kebakaran (damkar), para petugas rutan diharapkan bisa mengatasi kebakaran yang terjadi baik disengaja maupun tidak disengaja," ucapnya. 

Baca juga: Deteksi Dini dari Kebakaran, Rutan Kelas IIB Wates Mengecek Instalasi Listrik dan APAR

Seorang instruktur damkar Kulon Progo, Nevo Roby Haryadi menjelaskan materi yang diberikan pada simulasi ini seperti jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR) beserta kegunaannya, cara perawatan dan penggunaannya hingga teknik pemadaman api. 

Baik menggunakan karung goni, handuk, selimut maupun dengan menggunakan bantuan APAR. 

Petugas damkar juga mempratekkan cara mencegah dan menangani kebakaran yang diakibatkan dari kebocoran tabung gas. 

Selain menggelar latihan simulasi untuk mencegah terjadinya kebakaran, sebelumnya di Rutan Kelas IIB Wates juga telah dilakukan pengecekan secara berkala instalasi listrik, APAR, penempatan kunci duplikat kamar hunian yang disimpan dalam kotak dan rutin melakukan razia ketat terhadap barang bawaan warga binaan yang dilarang dan berpotensi memicu kebakaran seperti korek api dan lain-lain. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved