Breaking News:

Bersiap Hadapi Cuaca Buruk Seminggu ke Depan, Pakar UGM: Perlu Ada Mitigasi yang Jelas

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai petir atau angin kencang akan melanda 27 provinsi di Indonesia,

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
Ilustrasi cuaca ekstrem 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat disertai petir atau angin kencang akan melanda 27 provinsi di Indonesia, termasuk DI Yogyakarta selama periode 13-20 September 2021.

Lantas, bagaimana persiapan untuk menghadapi kondisi tersebut?

Pakar Klimatologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Dr Emilya Nurjani mengatakan, terdapat dua upaya mitigasi yang dapat dilakukan yakni mitigasi struktural dan mitigasi non struktural.

Baca juga: Bentuk Pokdarwis di 45 Kelurahan, Pemkot Yogyakarta Bakal Sinergikan Potensi Wilayah 

Mitigasi struktural merupakan langkah pengurangan risiko bencana melalui rekayasa teknis bangunan tahan bencana.

Sejumlah upaya mitigasi struktural yang bisa diambil menghadapi kerentanan bencana yang mungkin muncul akibat hujan lebat antara lain membersihkan sampah yang ada di selokan dan sungai maupun tubuh airnya untuk meningkatkan volume tangkapan sungai saat hujan.

Upaya lain adalah memperbaiki tanggul, baik tanggul beton maupun alam agar debit air sungai tidak meluap.

Juga, memperbaiki pintu air bendungan untuk pengaliran ke saluran irigasi, serta memperkuat zona perakaran tanaman di tebing bukit.

“Selain itu, juga membangun tebing tembok untuk mengurangi bahaya longsor di lereng-lereng yang berpotensi longsor,” kata Emilya, Rabu (15/9/2021).

Sementara, untuk upaya mitigasi non struktural bisa dilakukan dengan kebijakan atau peraturan tertentu, seperti sosialisasi kepada masyarakat terkait potensi bencana yang mungkin terjadi saat hujan lebat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved