Breaking News:

Minat Baca DIY Tertinggi Se-Indonesia, Pemda DIY Raih Penghargaan Nugra Jasadharma Pustaloka

Nilai tingkat kegemaran membaca masyarakat di DIY tercatat sebagai yang tertinggi se-Indonesia di tahun 2020.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X memberikan sambutan dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang digelar secara virtual di Kanal YouTube Perpustakaan Nasional RI pada Selasa (14/9/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Indonesia memberikan sejumlah penghargaan kepada Pemda DIY atas pencapaiannya dalam meningkatkan kegemaran membaca masyarakat melalui pendayagunaan perpustakaan.

Prosesi penganugerahan penghargaan dilakukan dalam acara Gemilang Perpustakaan Nasional yang digelar secara virtual di Kanal YouTube Perpustakaan Nasional RI pada Selasa (14/9/2021).

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X mendapat penghargaan tertinggi Nugra Jasadharma Pustaloka katagori Lifetime Achievment, atas dedikasi dan sumbangasih terhadap pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

Penghargaan tersebut diberikan kepada pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi besar bagi pengembangan perpustakaan, literasi dan minat baca di daerahnya.

Bukan tanpa alasan, hal itu karena nilai tingkat kegemaran membaca masyarakat di DIY tercatat sebagai yang tertinggi se-Indonesia di tahun 2020.

Baca juga: Bioskop di DI Yogyakarta Diizinkan Buka, Sri Sultan: Harus Ada Penanggung Jawab

Baca juga: Titah Raja Gunung Harus Kembali ke Gunung, Sri Sultan HB X Prihatin Kawasan Gunung Merapi Rusak

Selain itu DIY juga meraih predikat Juara II pada Lomba Bertutur Siswa-Siswi SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2021 atas nama Binar Mutiara Yahya dari SDN Ungaran 1 Kota Yogyakarta.

Sri Sultan HB X dalam sambutannya menuturkan, penghargaan tersebut menjadi sebuah amanah untuk senantiasa meningkatkan budaya baca warga DI Yogyakarta.

Sri Sultan HB X melanjutkan, dalam kebudayaan Jawa membaca dapat dipahami sebagai upaya membentuk insan yang tidak hanya cendekian, tapi juga peka terhadap lingkungan berdasarkan pada budi pekerti dan kearifan lokal yang melingkupinya.

"Saya berharap perpustakaan dapat berperan lebih besar dalam upaya mencapai tataran masyarakat yang literat dan sejahtera. Perpustakaan dapat menjadi pusat kegiatan masyarakat yang inklusif dengan dukungan pustakawan sebagai penggawanya," ujar Sri Sultan HB X.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (TRIBUNJOGJA.COM/ Yuwantoro Winduajie)

"Mari bersama mewujudkan masyarakat sejahtera dengan budaya baca," tambah Raja Keraton Yogyakarta ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved