Breaking News:

Dinkes Sleman Beri Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Kelompok Wanita Tani 

Penyuluhan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai syarat kualitas, keamanan dan kesehatan dalam mengolah produk makanan. 

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Muhammad Fatoni
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Dinas Kesehatan (Dinkes) bekerjasama Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPP) Kabupaten Sleman memberikan penyuluhan keamanan pangan dan Bimbingan Teknis (bimtek) mutu produk pangan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT). Kegiatan ini dilaksanakan dengan mendepankan prokes. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman bekerjasama Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan (DPP) Kabupaten Sleman memberikan penyuluhan keamanan pangan dan Bimbingan Teknis (bimtek) mutu produk pangan bagi Kelompok Wanita Tani (KWT) di kantor DPP setempat.

Penyuluhan yang dilaksanakan dua hari (14-15) September ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai syarat kualitas, keamanan dan kesehatan dalam mengolah produk makanan. 

Kepala Seksi Farmasi, dan Kesehatan Makanan Minuman, Dinkes Sleman, Gunanto, S.KM, M.sc mengatakan, kegiatan penyuluhan keamanan pangan ini sangat penting dan wajib diikuti bagi pelaku usaha yang bermaksud mengurus izin edar Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

Hal itu diatur secara teknis dalam peraturan Kepala BPOM nomor 22/2012, di mana satu di antara syaratnya harus mengikuti bimtek dengan materi standard. 

"Jadi, ada 7 macam materi penyampaian dan dilaksanakan selama dua hari dengan total 10 jam pelajaran," kata Gunanto. 

Kegiatan penyuluhan keamanan pangan dilaksanakan ruang terbuka (outdoor) dan mengedepankan Protokol Kesehatan.

Tersedia hand sanitizer dan antar peserta saling menjaga jarak. 

Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang anggita Kelompok Wanita Tani.

Hal ini sejalan dengan proyek perubahan Kepala Bidang Sumberdaya Kesehatan Dinkes Sleman, drg Atikah Nurhaesti, untuk meningkatkan kepesertaan penyuluhan keamanan pangan dalam rangka pemberdayaan di masyarakat. 

Gunanto mengatakan, materi yang disampaikan dalam penyuluhan atau Bimtek mutu produk pangan bersifat baku seluruh Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved