Breaking News:

Berita Kesehatan

Tips, Cara Cepat Mengobati Kulit Gatal Akibat Gigitan Nyamuk Tanpa Menggaruknya

Gatal akibat gigitan nyamuk akan terasa semakin gatal jika digaruk. Hal ini justru akan membuatnya semakin lama untuk sembuh

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
halodoc.com
Ilustrasi gigitan nyamuk 

TRIBUNJOGJA.COM - Gigital nyamuk memang sangat menganggu. Anda bisa menggaruk kulit sepanjang waktu. Nahasnya, semakin digaruk, gatalnya justru semakin menjadi-jadi. Apa sebenarnya yang harus dilakukan untuk menyembuhkan gatal akibat gigital nyamuk dengan cepat?

"Menggaruk akan melepaskan histamin yang menyebabkan gigitan menjadi lebih gatal dan akan menyebabkan luka yang akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh," kata Tara L. Kaufmann, MD, dokter kulit di Stony Brook University Hospital di New York sebagaimana dilansir Insider Health.

Tara menyarankan bagi Anda yang masih kuat menahan gatal untuk sementara, maka sebaiknya jangan menggaruk bagian yang terkena gigital nyamuk.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengoleskan sejumlah bahan semisal krim atau losion atau mengompres bagian yang bentol terkena gigital nyamuk. Berikut ini ulasannya :

1. Kompres panas atau dingin

Kompres bagian yang gatal atau bagian kulit yang bentol akibat gigitan nyamuk.

Tim Mentel, PhD, kepala kedokteran dan sains di Dermapharm, pengembang dan distributor farmasi mengatakan bahwa langkah ini paling tidak bisa membuatnya lebih mudah untuk diabaikan. Sehingga Anda pun tidak tergoda untuk terus menggaruknya.

Kuncinya adalah mendapatkan sesuatu yang cukup panas atau dingin untuk mengalihkan perhatian Anda dari rasa gatal, sambil tetap aman.

Baca juga: Guru Besar UGM Masuk 10 Tokoh Berpengaruh Dunia, Dapat Julukan Sebagai Komandan Nyamuk

Jika terlalu panas, Anda bisa berisiko terbakar, sementara terlalu dingin bisa mengiritasi kulit Anda lebih jauh.

Mentel merekomendasikan :

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved