Breaking News:

Sport

Penga Perbasi DIY yang Baru Resmi Dilantik, Berikut Target di Kepengurusan Baru

Pengda Perbasi DIY yang baru bakal fokus pada pembinaan basket putri 3x3 untuk berkancah di PON tahun 2024 Aceh Sumatera.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Taufiq Syarifudin
Pelantikan Pengda Perbasi DIY masa bakti 2021-2025 di kawasan Nol Kilometer. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pengurus Daerah (Pengda) Perbasi DI Yogyakarta masa bakti 2021-2025 resmi dilantik oleh Pengurus Pusat (PP) Perbasi, yang diwakili Dany Kosasih.

Pelantikan tersebut dilaksanakan di kawasan 0 Kilometer Coffee and Tea, kawasan Museum Sonobudoyo, Jumat (10/9/2021) sore.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Pengda Perbasi DIY yang baru, KPH Purbodiningrat mengatakan bakal fokus pada pembinaan basket putri 3x3 untuk berkancah di PON tahun 2024 Aceh Sumatera.

Menurutnya karena saat ini DIY sudah memiliki satu orang atlet perempuan yang menjadi andalan Timnas Basket Putri Indoensia U18 di FIBA World Cup 3x3 yang diselenggarakan bulan lalu, di Hungaria.

Baca juga: Perbasi DIY Apresiasi Dua Atlet Basket Putri DI Yogyakarta Dipanggil Timnas Indonesia

"Untuk itu kita tinggal cari dua atlet basket putri lagi untuk melengkapi Angel. Karena kita lihat potensinya memang ada. Kalau 5x5 memang lebih berat. tapi kita tetap akan melakukan pelatihan yang sama," katanya kepada wartawan.

Selain itu ia juga membeberkan program yang akan dilakukan pada waktu dekat ini ialah melakukan penataran dan pelatihan untuk wasit, kemudian menyelenggarakan Kejuaraan Daerah (Kejurda) selepas bulan Oktober.

Untuk program jangka panjang, suami dari GKR Maduretno ini akan segera pembentukan tim untuk Kejuaraan Nasional dan Pra PON.

"Harapannya dengan waktu satu tahun jelang PON 2024 nanti, kita sudah bisa memiliki tim yang solid untuk target lolos ke ajang olahraga multievent tersebut," jelasnya.

Baca juga: Edy Wibowo Persilahkan Perbasi DIY Titipkan Pemainya Berlatih di KAI Bima Perkasa Jogja

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto yang hadir dalam acara pelantikan itu sepakat dengan apa yang dituturkan oleh KPH Purbodiningrat untuk memfokuskan atlet basket putri DIY untuk bisa mengikuti PON 2024.

Selanjutnya, Djoko menurutkan telah memberikan dua target bagi Perbasi DIY pada kepengeurusan baru ini antara lain, dapat menyiapkan atlet untuk pelatnas dan kedua menyiapkan atlet untuk mengikuti PON.

"Kita prinsipnya menyiapkan atlet tidak hanya untuk berprestasi di daerah saja. Kita siapkan atlet dengan settingnya untuk pelatnas yang membela Indonesia, otomatis bakal jadi andalan daerah untuk PON.2024 Harapannya ada satu nomor yang lolos ke PON, terutama yang 3x3," tukas pria yang juga guru besar FIK UNY itu.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved