Breaking News:

DAUN Kelor Superfood Penurun Gula Darah dan Kolesterol Jahat

Daun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahan pangan ini belakangan menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah,

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
Kolase dentmasoci.com/tribunkaltim.co
Manfaat Daun Kelor 

Tribunjogja.com -- Daun Kelor memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Bahan pangan ini belakangan menjadi incaran di sejumlah negara Eropa, Timur Tengah, sampai Amerika Serikat (AS).

Berikut beberapa potensi manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan:

1. Bergizi tinggi

Melansir buku Tanaman Kelor: Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha (2018) oleh F.G. Winarno, Daun Kelor memiliki protein, vitamin A, kalium, kalsium, dan vitamin C yang lebih tinggi ketimbang bahan pangan populer lain.

Sebanyak 100 gram Daun Kelorr kering mengandung protein dua kali lebih tinggi dari yoghurt, vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, kalsium empat kali lebih tinggi dari susu, dan vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.

Tak hanya zat gizi penting di atas. Melansir Healthline, daun kelor juga mengandung vitamin B6, zat besi, magnesium, serta riboflavin B2.

Perlu diingat, Daun Kelor punya efek samping yakni punya kadar antinutrien yang tinggi. Apabila dikonsumsi berlebihan, asupan ini dapat mengurangi penyerapan mineral dan protein.

Untuk mencegah efek negatifnya, Anda disarankan mengonsumsi Daun Kelor bersama makanan bergizi lain agar kecukupan nutrisi tetap terjaga.

2. Potensial untuk menurunkan gula darah

Sejumlah penelitian menunjukkan, manfaat Daun Kelor efektif menurunkan kadar gula darah. Para ilmuwan meyakini hal itu berasal dari senyawa antioksidan isothiocyanate dalam Daun Kelor . Salah satu studi melibatkan 30 wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk Daun Kelor per hari selama tiga bulan.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved