Breaking News:

Jawa

Persiapan Pembukaan Pariwisata Klaten, Pelaku Objek Wisata Mulai Divaksin

Seratusan pelaku wisata tersebut divaksin guna persiapan pembukaan objek wisata di Klaten jika daerah tersebut mendapat izin untuk membuka wisatanya.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
dok.istimewa
Ilustrasi penyuntikan vaksin 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 122 pelaku pariwisata di Kabupaten Klaten, Jawa tengah sudah menerima vaksin Covid-19.

Seratusan pelaku wisata tersebut divaksin guna persiapan untuk pembukaan objek wisata di Klaten jika daerah tersebut mendapat izin untuk membuka wisatanya.

"Vaksin pelaku wisata kita yang tercatat sudah 122 yang divaksin. Awalnya tahap awal ada 300 yang diajukan tapi yang datang hanya 122," ujar Kepala Disparpora Klaten, Sri Nugroho saat Tribunjogja.com temui di Setda Klaten, Kamis (9/9/2021).

Menurut Nugroho, para pelaku wisata yang tidak datang pada vaksin pelaku wisata tersebut karena beberapa di antaranya sudah mengikuti program vaksinasi yang diadakan oleh Polres Klaten maupun Kodim 0723/Klaten.

Baca juga: Sebanyak 5 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Dialokasi untuk Pelajar di Klaten

Kemudian, kata dia, secara keseluruhan pelaku objek wisata di Kabupaten Bersinar yang akan menerima vaksin sebenarnya berjumlah sekitar 1.200 orang.

Namun, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendataan pelaku wisata mana saja yang telah lebih dulu menerima vaksin dari banyaknya program vaksin di Klaten seperti vaksin melalui Pemerintah Desa, Puskesmas, Polres, Kodim dan lainnya.

"Kami secara keseluruhan belum terima data karena ada yang lebih dulu terima vaksin dan belum lapor, jadi datanya sedang diproses," ucapnya.

Menurut Nugroho, vaksin di bidang pariwisata tidak hanya menyasar pelaku, tapi pengunjung objek wisata di Klaten nantinya juga wajib sudah divaksin.

Baca juga: Capaian Vaksin COVID-19 di Klaten untuk Dosis 1 Baru 21,04 Persen

"Kesepakatan dengan Pemprov Jateng begitu ya, para pengunjung harus sudah vaksin dulu kalau mau berwisata," jelasnya.

Hanya saja, kata Nugroho untuk saat ini objek wisata di Klaten masih ditutup karena daerah itu masih melaksanakan PPKM Level 3 pada periode 7-13 September 2021.

Ia pun berharap pada pekan depan kasus Covid-19 di Klaten terus melandai dan PPKM di Klaten turun ke level 2 sehingga objek wisata bisa di buka kembali. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved