Breaking News:

Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Mengacu Pada Peraturan PPKM Terbaru Ini

Peraturan PPKM Level 3 terbaru di Jawa-Bali yang berlaku hingga 13 September 2021

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Iwan Al Khasni
Ist
Simulasi Hybrid Learning di Sekolah Budi Utama Yogyakarta 

Tribunjogja.com JAKARTA -- Pembelajaran tatap muka sudah dimulai di sejumlah daerah, terutama daerah dengan tingkat kasus harian yang mulai menurun.

Peraturan mengenai PPKM Level 4, 3, dan 2 terbaru di Pulau Jawa-Bali tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 39 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Peraturan PPKM Level 3 terbaru di Jawa-Bali yang berlaku hingga 13 September 2021:

Berikut peraturan PPKM Level 3 terbaru untuk sekolah dan kantor:

  • - Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan dengan kapasitas maksimal 50%, kecuali untuk: SDLB, MILB, SMPLB, SMLB, dan MALB maksimal 62% sampai 100%, dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.
  • - PAUD maksimal 33 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas.
  • - Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan 100% work from home.
  • - Pelaksanaan kegiatan pada sektor esensial dapat beropeasi dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Keuangan, perbankan dan sejenisnya beroperasi maksimal 50% staf di lokasi terkait dan 25% pelayanan administrasi perkantoran.
  • Pasar modal, tekonolgi informasi dan komunikasi, serta perhotelan (selain tempat karantina) dapat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50%.
  • Industri orientasi ekspor bisa beroperasi dengan sift, kapasitas maksimal 50%, 10% pelayanan administrasi perkantoran, karyawan tidak boleh makan bersama, menerapkan protokol kesehatan dan menggunakan aplikasi Peduli Lindungi saat masuk dan pulang.
  • - Pelaksanaan kegiatan esensial pada sektor pemerintahan yang memberikan pelayanan publik yang tidak bisa ditunda pelaksanaannya diberlakukan 25% maksimal staf WFO dengan protokol kesehatan secara ketat.
  • - Pelaksanaan kegiatan pada sektor kritikal seperti kesehatan, keamanan dan ketertiban, penanganan bencana, dan lainnya dapat beroperasi 100%.

Untuk perusahaan yang termasuk dalam sektor logistik, makanan dan minuman, pupuk dan petrokimia, energi, semen dan bahan bangunan, obyek vital nasional, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

Sekolah di Kota Pendidikan

Penurunan status PPKM menjadi level 3 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berdampak pada dunia pendidikan.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY sedang mempersiapkan pelaksanaan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) khusus jenjang SMA/SMK.

Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan pemetaan terkait kesiapan sekolah untuk menggelar PTM.

Proses itu diharapkan dapat terselesaikan di akhir September atau awal Oktober 2021.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved