Breaking News:

Mantan Presiden Afghanistan Muncul ke Publik, Jelaskan Alasan Kenapa Lari dari Negaranya

Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberikan penjelasan terkait keputusannya meninggalkan negaranya pada 15 Agustus 2021 lalu

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
AFP / FACEBOOK
Disiarkan di halaman Facebook Mantan presiden Afghanistan Ashraf Ghani berbicara pada 18 Agustus 2021 

TRIBUNJOGJA.COM - Mantan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani memberikan penjelasan terkait keputusannya meninggalkan negaranya pada 15 Agustus 2021 lalu.

Dalam pernyataan tertulis yang diunggah di akun Twitternya pada 8 September 2021 malam kemarin, Ghani menegaskan bahwa dirinya tak memiliki niat untuk menelantarkan warga negaranya.

Melainkan langkah itu ia lakukan untuk menghindari terjadinya pertempuran berdarah dengan Kelompok Taliban yang memasuki wilayah Kota Kabul.

"Meninggalkan Kabul adalah keputusan tersulit dalam hidup saya. Namun saya percaya bahwa itu adalah satu-satunya cara untuk meredam peperangan dan untuk menyelamatkan Kabul serta 6 juta warga negara," katanya.

Dalam pernyataan tersebut, Ghani juga menyangkal tuduhan bahwa dirinya telah membawa uang jutaan dolar keluar dari negaranya. Dirinya pun menyatakan siap untuk diselidiki untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

Adapun tuduhan itu datang dari mantan Duta Besar Afghanistan di Tajikistan, Zahir Aghbar.

Ia menyebutkan bahwa Ashraf Ghani telah melarikan diri dari Afghanistan seraya membawa uang sebesar 169 juta dolar.

Ghani, yang saat ini berada di Abu Dhabi, menyesalkan bahwa, seperti para pendahulunya, dia juga tidak mampu membawa perdamaian dan kemakmuran ke negara yang dilanda perang itu.

“Dengan penyesalan yang mendalam saya sampaikan bahwa saya sendiri berakhir dengan tragedi yang sama dengan pendahulu saya,” katanya," katanya.

"Saya meminta maaf kepada orang-orang Afghanistan bahwa saya tidak bisa mengakhirinya dengan cara yang berbeda," tambahnya.

Pernyataan mantan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani yang disampaikan lewat Twitter
Pernyataan mantan Presiden Afghanistan, Ashraf Ghani yang disampaikan lewat Twitter (Twitter)
Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved