Breaking News:

Berita Kesehatan

Kelahiran Prematur, Siapakah yang Paling Berpeluang Mengalaminya?

Untuk meminimalisir risiko kelahiran prematur, ahli menyarankan agar ibu hamil bisa mempertahankan berat badan yang sehat, sebelum atau selama hamil

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
Tribun Jakarta
Ilustrasi : Hamil 

TRIBUNJOGJA.COM - Wanita hamil sering kali begitu khawatir dengan keselamatan janinnya. Dan memang sudah seharusnya seperti itu, terutama jika mereka baru pertama kali menjadi ibu.

Salah satu kekhawatiran terbesar menjadi orang tua pertama kali adalah jika bayi mereka lahir terlalu dini, yang mengakibatkan kelahiran prematur.

Di Amerika Serikat, satu dari setiap 10 bayi lahir prematur yang berarti bayi tersebut lahir sebelum minggu ke-37 kehamilan.

“Kebanyakan kelahiran prematur tidak dapat dicegah. Namun, faktor risiko tertentu meningkatkan kemungkinan terjadinya hal tersebut,” kata Ob/Gyn Salena Zanotti, MD dalam Cleveland Clinic.

Bayi yang lahir terlalu dini memiliki risiko lebih tinggi mengalami kecacatan serius atau bahkan kematian.

Untuk meminimalisir risiko kelahiran prematur, para ahli menyarankan agar ibu hamil bisa mempertahankan berat badan yang sehat baik itu sebelum maupun selama kehamilan.

Baca juga: 5 Manfaat Tidur Siang bagi Bumil, Mampu Kurangi Risiko Bayi Premature

“Lebih banyak penelitian mulai mengungkapkan bahwa wanita yang kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan (obesitas) sebelum hamil memiliki risiko lebih tinggi melahirkan secara prematur,” kata Dr. Zanotti.

Sangat penting untuk menjaga berat badan yang sehat untuk Anda dan bayi Anda selama kehamilan

Selama waktu ini, kenaikan berat badan adalah hal yang normal, tetapi jika Anda khawatir bahwa berat badan Anda tidak bertambah atau bertambah terlalu banyak, konsultasikan dengan penyedia layanan kesehatan Anda.

Faktor risiko lain yang berperan selama kehamilan

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved