Breaking News:

Kabupaten Bantul

Watu Lumbung Siap Menerapkan Prokes dalam Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

Pengelola Watu Lumbung akan memasang barcode aplikasi Pedulilindungi dari Kementerian Kesehatan serta melakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Pengelola Watu Lumbung Muhammad Boy Rifai memperlihatkan keindahan alam di Watu Lumbung, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menetapkan uji coba pembukaan 20 tempat wisata outdoor di Pulau Jawa.

Satu di antaranya adalah Watu Lumbung Culture Resort yang berada di Kabupaten Bantul.

Selain Watu Lumbung, destinasi wisata lain di DIY yang menerapkan uji coba yakni Taman Pintar dan Istana Ratu Boko. 

Terkait hal tersebut, pemilik sekaligus pengelola Watu Lumbung Culture Resort, Boy Rifai menilai bahwa dipilihnya Watu Lumbung Culture Resort dalam 20 lokasi uji coba pembukaan tempat wisata oleh Kemenparekraf adalah keputusan yang tepat.

Baca juga: Tiga Objek Wisata di DI Yogyakarta Diizinkan Gelar Uji Coba Pembukaan

Sebab menurunya, Watu Lumbung tak hanya menyajikan keindahan alam saja, tapi juga terdapat unsur edukasi dan kearifan lokal yang masih terjaga.

Satu dari beberapa wahana terbaru di sana adalah  Istana Trigona, yakni berupa usaha budidaya lebah jenis Trigona atau disebut Klanceng, yang tak menyengat namun bisa menghasilkan madu yang dapat dimanfaatkan untuk obat dan kesehatan.

"Besok kami sudah buka dan kami sudah siapkan untuk menerima open visitor untuk stay dan pelayanan kuliner. Saat ini Barcode baru dikirim oleh tim dari Kementrian Kesehatan," ujar Boy, Rabu (8/9).

Boy mengatakan pihaknya terus memastikan kesiapan sarana prasarana agar protokol kesehatan dapat diterapkan secara ketat.

Pengelola akan memasang barcode aplikasi Pedulilindungi dari Kementerian Kesehatan serta melakukan pembatasan jumlah pengunjung.

Sudah satu tahun Watu Lumbung tidak melayani kunjungan wisatawan, dan pada saat uji coba pembukaan ini, Watu Lumbung akan menerapkan pembatasan jumlah pengunjung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved