Breaking News:

Bisnis

Menparekraf Dorong Anak Muda untuk Berwirausaha, Raih Peluang di Masa Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 adalah satu di antara waktu yang tempat untuk meraih peluang mendirikan usaha guna menjawab kebutuhan di ranah sosial.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
Tangkapan layar webinar BRI Soprema ‘Sociopreneur 101: Strategi Sociopreneur dalam Kebangkitan Bangsa di Era Disrupsi’ secara daring, Rabu (8/9/2021).
Menparekraf Sandiaga Uno di webinar nasional BRI Soprema, Rabu (8/9/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mendorong anak muda untuk menjadi enterpreneur atau wirausaha.

Menurutnya, pandemi Covid-19 adalah satu di antara waktu yang tempat untuk meraih peluang mendirikan usaha guna menjawab kebutuhan di ranah sosial.

“Pandemi ini meningkatkan keterampilan, baik dari segi kemampuan bertahan, digitalisasi dan kolaborasi untuk berkembang,” ujarnya dalam webinar BRI Soprema ‘Sociopreneur 101: Strategi Sociopreneur dalam Kebangkitan Bangsa di Era Disrupsi’ secara daring, Rabu (8/9/2021).

Agenda tersebut diselenggarakan oleh BRI dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca juga: Kemenparekraf Ajak Masyarakat Mengenal Kuliner Khas Aceh lewat Aceh Culinary Festival

Dia melanjutkan, saat ini, memang ada 34 juta pelaku ekonomi kreatif (ekraf) di Indonesia yang bertahan untuk bangkit dan menjadi pemenang di masa pandemi.

Maka, dia yakin, apabila ekraf ini sudah bertahan, mereka juga bisa menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

“Kami cukup yakin tentang itu, ekraf sendiri sudah menyumbang Rp 1.100 Triliun untuk ekonomi Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Sandi mengungkapkan, di dua dekade mendatang, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Dengan begitu, bonus tersebut harus diisi dengan pemahaman tentang kewirausahaan.

Sebab, benang merah dari enterpreneurship itu adalah inovasi, ambil risiko dan mencari peluang. Ini akan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved