Breaking News:

Pendidikan

SMP Krista Gracia Raih Medali Emas FL2SN, Disdik Klaten Dorong Sekolah Lain untuk Berprestasi

Meski di tengah pandemi, berbagai metode bisa dilakukan guna memunculkan prestasi yang membanggakan sekaligus bisa mengembangkan sekolah di Klaten.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Humas Setda Klaten
Kepala Disdik Klaten, Wardani Sugiyanto saat menyampaikan sambutan di SMP Krista Gracia, Selasa (7/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Pendidikan mengapresiasi SMP Krista Gracia Klaten yang meraih prestasi dalam bidang seni, melalui ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) 2021, dengan meraih medali emas kategori musik tradisional tingkat Nasional. 

Melihat prestasi membanggakan ini Dinas Pendidikan (Disdik) Klaten mendorong sekolah-sekolah lain yang memiliki potensi menonjol agar bisa berprestasi juga dalam hal seni.

"Dinas pendidikan sangat bangga atas prestasi ini. Jadi jika ada siswa yang memiliki potensi harus dicarikan pendamping, diapresiasi, untuk didorong (agar) bisa berprestasi," terang Kepala Dinas Pendidikan Wardani Sugiyanto, Selasa (7/9/2021).

Baca juga: Mulai Hari ini, 155 SD dan SMP di Klaten Gelar Uji Coba PTM Terbatas Selama 3 Hari

Menurut Wardani, negara bisa maju bila pemerintahnya mendorong potensi dan kearifan lokal agar berprestasi.

Meskipun di tengah pandemi, berbagai metode bisa dilakukan guna memunculkan prestasi yang membanggakan sekaligus bisa mengembangkan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Klaten.

"Maka sekali lagi saya mendorong, di tengah pandemi pun masih bisa kita melakukan sesuatu. Dengan virtual, (kemudian) berlatih, ini kan kombinasi antar pelatih, anak, kemudian juga virtualnya, semuanya didukung oleh sekolah. Ini yang kita harapkan seperti itu perkembangan-perkembangan pendidikan di Kabupaten Klaten," pungkas Wardani. 

Kepala Sekolah SMP Krista Gracia, Kuncoro juga mengaku bangga dengan apa yang telah diraih siswanya, meskipun ditengah keterbatasan dan pandemi yang belum usai bisa menghasilkan prestasi membanggakan hingga tingkat nasional, berkat semangat dan dukungan semua pihak yang ada disekolah.

Baca juga: Siswa-Siswi SMP di Klaten Antusias Ikuti Uji Coba PTM Terbatas, Bahkan Ada yang datang Pakai Baju SD

"Anak-anak sendiri sudah hebat sebenarnya. Ketemu pelatih hebat, kemudian juga dedikasi bapak ibu guru yang mendukung penuh kegiatan ini, (serta) men-support. Dan yang lebih hebat adalah semangat anak-anak sendiri. Anak-anak sendirilah yang meraih bintang itu," ujarnya.

Menurut Kuncoro, medali yang diperoleh kali ini merupakan kali kedua. Medali pertama SMP Krista Gracia meraih emas yaitu di tahun 2019 lalu.

"Kalau ke nasional ini sudah kali ketiga. Cuman yang tahun 2015 itu kami belum bisa membawa medali. Baru di tahun 2019 di Banten, kami memperoleh medali emas, dan di 2021 ini kami kembali mengulang sejarah tersebut," pungkas Kuncoro.
   
 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) merupakan ajang kompetisi di bidang seni yang diselenggarakan oleh pemerintah, dalam hal ini Balai Pendidikan Menengah setiap tahunnya, sebagai upaya pemerintah untuk melahirkan generasi bangsa yang memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved