Breaking News:

Resep Zaidul Akbar

Resep Zaidul Akbar: Air Tajin untuk Memperbaiki Keseimbangan Asam Lambung dan Diare

air tajin adalah salah satu jalan alternatif untuk kita yang sedang susah untuk diare atau sedang merasakan asam lambung

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
bali tribunnews
ilustrasi air tajin 

TRIBUNJOGJA.COM- Buat yang belum mengetahui apa itu air tajin, air tajin adalah air yang di mana air ini dari air rebusan beras.

Beras yang digunakan sebaiknya beras bebas pestisida dan dapat juga menggunakan beras biasa yang masih penuh logam berat dari pestisidanya.

Caranya dicuci dan rendam dulu dengan ecoenzim agar logam beratnya dapat menghilang dan air tajin dapat di konsumsi.

Air tajin sendiri dapat dimanfaatkan salah satunya sebagai pengganti cairan saat mengalami diare dimana air tajin dipercaya memiliki kandungan protein dan mineral tetapi penggunaannya hanya sebagai tambahan bukan sebagai terapi utama.

Air tajin dapat di gunakan sebagai makanan tambahan atau pendamping asi pada anak balita, dan pada orang dewasa juga air tajin dapat di jadikan air terapi untuk cairan pengganti saat mengalami diare.

Tetapi peru diingat air tajin tidak menghentikan diare namun menurut penulis buku Jurus Sehat Rasulullah, dr Zaidul Akbar  air tajin dapat memperbaiki keseimbangan pada asam lambung.

Air tajin untuk meredakan sakit perut
Air tajin untuk meredakan sakit perut (NET)

Untuk membuat aira tajin ini, kita memerlukan beras bebas pestisida dan jika tidak ada beras bebas pestisida bisa menggunakan beras biasa tetapi harus di cuci dengan menggunakan ecoenzim agar logam beratnya dapat hilang.

Siapkan beras lalu dicuci 2 kali saja, jika sudah masak beras masukan air sedikit lebih banyak hingga air mengental dan jika beras sudah setengah masak dan air sudah mengental maka air sudah dapat di pindahkan ke dalam gelas.

Air tajin sudah dapat di konsumsi dan jika ingin terasa manis air tajinnya dapat di tambahkan madu sesuai selera masing-masing. ( MG_ Tribunjogja | Kurnia Wati )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved