Kekeringan di Klaten Meluas ke 7 Desa di 4 Kecamatan, BPBD Salurkan 486 Tangki Air

Dua desa terbaru yang mendapatkan bantuan air bersih yakni Desa Wiro Kecamatan Bayat dan Desa Kanoman Kecamatan Karangnongko

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
Dokumentasi Humas Polres Klaten
Petugas kepolisian saat memberikan bantuan air bersih bagi warga di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Kamis (26/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kesulitan air bersih di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah akibat musim kemarau meluas ke 7 desa yang tersebar di 4 kecamatan.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Klaten, Sri Yuwana Haris Yulianta, mengatakan dua desa terbaru yang mendapatkan bantuan air bersih yakni Desa Wiro Kecamatan Bayat dan Desa Kanoman Kecamatan Karangnongko.

"Dua desa itu masing-masing mendapatkan bantuan air bersih sebanyak 3 tangki dan untuk Desa Wiro dan 6 tangki untuk Desa Kanoman," ujar Haris pada Tribunjogja.com, Selasa (7/9/2021).

Menurut Haris, berdasarkan data BPBD Klaten pada Senin (6/9/2021), jumlah air bersih yang telah disalurkan ke 7 desa yang terdampak kekeringan tersebut mencapai 486 tangki.

"Kemarin juga disalurkan bantuan air bersih ke desa-desa yang berada di lereng Gunung Merapi seperti Desa Tlogowatu dan Tegalmulyo," ucap dia.

Dipaparkan Haris, dari 4 kecamatan yang menerima bantuan air bersih pada musim kemarau tahun 2021 ini, Kecamatan Kemalang menjadi daerah paling terdampak kekeringan.

Total, di kecamatan yang berada di lereng Gunung Merapi itu, pihaknya menyalurkan sebanyak 323 tangki air.

Adapun rinciannya, Desa Tegalmulyo menerima bantuan 140 tangki air, Desa Sidorejo  130 tangki air dan Desa Tlogowatu sebanyak 53 tangki air.

Kemudian, kecamatan kedua yang paling terdampak adalah Kecamatan Bayat. Di wilayah ini terdapat dua desa yang mendapat bantuan air bersih yakni Desa Ngerangan sebanyak 116 tangki air dan Desa Wiro 3 tangki.

"Total di kecamatan Bayat kita per senin kemarin kita sudah salurkan bantuan air bersih sebanyak 119 tangki air," imbuhnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved