Breaking News:

Festival Film Indonesia 2021 Dimeriahkan oleh 69 Film Panjang, Cermin Tumbuhnya Generasi Baru

Pendaftaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021 akhirnya resmi ditutup pada 31 Agustus 2021 lalu. Komite FFI telah menerima sejumlah film

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
dok.istimewa
ILUSTRASI Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pendaftaran Festival Film Indonesia (FFI) 2021 akhirnya resmi ditutup pada 31 Agustus 2021 lalu. Komite FFI telah menerima sejumlah film, baik film cerita panjang, film pendek, dokumenter, animasi dan kritik film secara daring.

Film cerita panjang yang mendaftar ada 69 judul. Sementara, untuk film non cerita panjang, termasuk film cerita pendek ada 386 judul, film animasi pendek 51 judul, film dokumenter pendek 96 judul dan film dokumenter panjang 15 judul.

Selain itu, Komite FFI juga telah menerima karya kritik film sebanyak 156 judul.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Liga 1 di Channel TV Streaming Malam Ini: PERSIB Bandung vs BARITO Putera

Ketua Bidang Penjurian FFI 2021, Garin Nugroho mengatakan, banyaknya jumlah film yang didaftarkan menunjukkan tingginya minat insan perfilman untuk turut serta membangkitkan film Indonesia di rumah sendiri.

“Antusiasme ini menjadi cermin produktivitas dan kebersamaan insan di tengah pandemi. Cermin keberagaman tema dan genre, bertumbuhnya generasi baru, serta upaya terobosan di tengah pandemi,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Jogja, Sabtu (4/9/2021).

Dia mengatakan, pemilihan kategori baru dengan penghargaan khusus, yaitu film, aktor dan aktris terfavorit pilihan penonton sudah dimulai sejak 1 September 2021 lalu.

Film yang dapat dipilih adalah semua film yang tayang selama periode tanggal 1 Oktober 2020 sampai dengan 31 Agustus 2021.

Begitupula dengan akting para aktor dan aktris yang bisa dipilih adalah mereka yang filmnya tayangnya selama periode tersebut.

Adapun cara memilih dengan mengklik https://festivalfilm.id/vote.

Ketua Komite FFI 2021, Reza Rahadian berharap masyarakat bisa memeriahkan FFI tahun ini karena menjadi bagian dari ekosistem perfilman Indonesia.

Baca juga: Channel TV Siaran Langsung Liga 1 di Indosiar: Borneo FC vs Persebaya - Formasi & Link Streaming

“Membaca arah pergerakan penonton film Indonesia, itu akan turut berpengaruh pada produktivitas film Indonesia. Melalui mekanisme pemilihan kategori terfavorit pilihan penonton ini, FFI diharapkan mampu memiliki data pergerakan penonton. Ayo pilih favorit kalian,” beber Reza.

Semua film dan karya kritik film tersebut akan melalui proses seleksi dan penjurian yang daftar nominasinya akan dilakukan pada 10 Oktober 2021.

Sedangkan, malam puncak anugerah Piala Citra FFI 2021 akan dilakukan pada 10 November 2021. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved