Breaking News:

Jawa

Seluruh Objek Wisata di Klaten Masih Ditutup, Disparbudpora : PPKM Level 3 Hanya Boleh Pra Simulasi

Di masa PPKM Level 3 ini pengelola objek wisata hanya boleh mengajukan pra simulasi pembukaan objek wisata.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana objek wisata Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (3/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Dinas Pariwisata Budaya dan Pemuda Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah memastikan jika seluruh objek wisata yang ada di daerah itu masih ditutup.

Penutupan objek wisata itu, merujuk kepada Inmendagri Nomor 36 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3 dan 2 di Pulau Jawa dan Bali.

Selain itu, juga merujuk kepada Inbup Klaten Nomor 14 tahun 2021 tentang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 di daerah itu.

"Sementara untuk PPKM Level 3 sama sekali belum boleh membuka objek wisata atau menerima pengunjung," ujar Kepala Disparbudpora Klaten, Sri Nugroho saat Tribunjogja.com temui di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Jumat (3/9/2021).

Baca juga: Umbul Ponggok Klaten Lakukan Pra Simulasi Pembukaan Objek Wisata

Menurut dia, di masa PPKM Level 3 ini pengelola objek wisata hanya boleh mengajukan pra simulasi pembukaan objek wisata.

Ia mengatakan, untuk PPKM Level 3 ini, yang sudah mendapat izin buka adalah tepat usaha kuliner dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

"Kalau tempat objek wisata seperti umbul itu punya usaha kuliner, yang boleh buka ya usaha kulinernya. Itu pun dibatasi satu meja sebanyak dua orang saja," paparnya.

Dengan mendorong usaha kuliner di objek wisata beroperasi, lanjut dia, hal itu juga bakal menghidupkan perekonomian UMKM yang ada di sekitar objek wisata tersebut.

Ia pun berharap Kabupaten Klaten pada pekan depan turun ke PPKM Level 2, sehingga seluruh objek wisata di Klaten segera buka secara bertahap.

Baca juga: Klaten Turun ke PPKM Level 3 tapi Objek Wisata Masih Ditutup, Ini Harapan Pengelola Umbul Ponggok

Sembari menunggu itu, kata dia, pihaknya terus mendorong pelaku wisata di Klaten untuk terus mempersiapkan diri termasuk menjalani vaksinasi karena pengelola objek wisata juga wajib sudah di vaksin.

"Saat ini capaian vaksin pelaku wisata di Klaten sudah capai 70 persen ya. Ini ada target sekitar 1.000 pelaku wisata yang di vaksin," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Wisata Berdesa BUMDes Tirta Mandiri Ponggok, Suyantoko mengatakan jika pihaknya bakal menyiapkan protokol kesehatan di Umbul Ponggok sebelum dibukanya secara resmi obyek wisata di Klaten.

"Untuk protokol kesehatan kita lakukan, kita sudah siapkan segalanya. Untuk vaksin juga. Kami harap secepatnya objek wisata bisa buka walau dengan syarat," imbuh dia. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved