Breaking News:

Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Beri Tanggapan Terkait Isu Peretasan LPSE Kudus

Pemerintah Kabupaten Magelang menanggapi isu peretasan lelang proyek Instalasi Bedah Sentral (IBS) di Kabupaten Kudus yang menggunakan jaringan

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Noga Nanda Septa saat ditemui media, Jumat (03/09/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang menanggapi isu peretasan lelang proyek Instalasi Bedah Sentral (IBS) di Kabupaten Kudus yang menggunakan jaringan internet Dinas Kominfo Kabupaten Magelang.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Endra E. Wacana menegaskan tidak ada peretasan yang dilakukan oleh pihaknya.

Namun, akun peserta lelang tersebut sudah diretas sebelumnya, kemudian pelaku memanfaatkan IP address Pemkab Magelang untuk masuk dalam akun peserta lelang itu. 

Baca juga: Presiden Brajamusti Minta Tak Ada Kegiatan Berkerumun Pada Perayaan HUT Ke-92 PSIM Yogyakarta

IP address tersebut merupakan wifi publik milik Dinas Kominfo Kabupaten Magelang yang kemudian dimanfaatkan oleh oknum tersebut.

“Wifi publik ini kami sediakan untuk masyarakat umum agar bisa mengakses jaringan internet gratis di titik-titik tertentu,” jelasnya Jumat (03/08/2021).

Endra menjelaskan, Pemkab Magelang memiliki lebih dari 20 titik lokasi wifi publik. Bahkan di tingkat desa ada lebih dari 80 lokasi untuk mengakses wifi publik.

“Maka siapa saja bisa memakai fasilitas tersebut. Dengan jaringan internet tersebut mereka bisa berselancar di dunia maya,” terangnya.

Baca juga: Perbasi DIY Apresiasi Dua Atlet Basket Putri DI Yogyakarta Dipanggil Timnas Indonesia

Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang Noga Nanda Septa menambahkan, akan mengklarifikasi hal ini dengan Bagian Pengadaan Barang Jasa (PBJ) Setda Kabupaten Kudus yang sebelumnya menyebutkan ada peretasan oleh Diskominfo Kabupaten Magelang.

“Kami akan minta mereka klarifikasi bahwa hal ini tidak ada kaitannya dengan Dinas Kominfo Kabupaten Magelang,” pungkasnya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved