Breaking News:

Awas, Kebiasaan Langsung Rebahan Setelah Makan Bisa Picu Asam Lambung

Studi penelitian Gastroenterol Am Journal 2005, menyarankan untuk menunggu minimal tiga jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur

Editor: Mona Kriesdinar
Hallosehat
GERD atau asam lambung 

TRIBUNJOGJA.COM - Tak sedikit orang yang merasa ngantuk setelah makan. Apalagi jika itu merupakan jadwal makan siang di sela aktivitas pekerjaan. Memang berat, sehingga biasanya banyak yang langsung merebahkan diri untuk beristirahat hingga tertidur pulas. Padahal, Anda harus tahu bahwa ini berisiko memicu munculnya penyakit.

Sebagai informasi bahwa ketika bagian perut berada dalam keadaan telentang atau rebahan, maka hal itu akan memperlambat sistem pencernaan tubuh. Serta meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Riset Mayo Clinic menemukan bila refluks asam atau asam lambung bereaksi, mampu membuat perut terasa terbakar, mulas, dan membuat tidur jadi tidak nyenyak.

Menurut Shanna Levine, MD, pendiri Goals Healthcare, Aneka makanan yang tinggi lemak jenuh, seperti burger maupun steak, dapat menurunkan dan memperlambat sistem pencernaan.

Baca juga: Begini Ciri-ciri Batuk Akibat Asam Lambung Naik dan Cara Mengatasinya

Sehingga butuh waktu cukup lama untuk mencernanya.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika mengonsumsi makanan ini jangan langsung berbaring, tunggu beberapa jam agar proses pencernaan tidak terganggu.

Efek samping merugikan lainnya, yaitu mampu membuat berat badan naik drastis.

Baca juga: Perbedaan Penyakit Maag dan GERD yang Wajib Anda Ketahui

Lama waktu yang tepat untuk bisa rebahan usai makan

Studi penelitian Gastroenterol Am Journal 2005, menyarankan untuk menunggu minimal tiga jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur.

Dalam jangka waktu tersebut, makanan bisa diproses secara baik, lalu ditransfer ke usus kecil.

Mengutip Verywellhealth, saat proses ini terjadi perut tak akan merasa sakit atau mulas. Menunggu tiga jam juga mampu mengurangi risiko terkenanya penyakit maag atau GERD. (*/Sonora.id)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved