Breaking News:

Tren Inflasi di DI Yogyakarta Terjaga Positif Hingga Agustus 2021, Optimis Ekonomi Segera Pulih

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DI Yogyakarta, Miyono mengatakan, kenaikan inflasi di tengah masa pandemi yang relatif terjaga ini

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - DI Yogyakarta mengalami peningkatan inflasi di masa pandemi Covid-19.

Secara akumulasi, hingga Agustus 2021, inflasi mencapai 1,05 persen year to date (ytd) atau tertinggi kedua di Jawa setelah Provinsi Jawa Timur yang menyentuh 1,33 persen (ytd).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) DI Yogyakarta, Miyono mengatakan, kenaikan inflasi di tengah masa pandemi yang relatif terjaga ini menjadi indikasi positif bagi perekonomian DIY.

Baca juga: Pemkab Kulon Progo Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Namun Tunggu Regulasi Pusat

Menurutnya, kenaikan inflasi tidak terlepas dari perbaikan ekspektasi, yang berdampak pada meningkatnya permintaan masyarakat sebagaimana tercermin dari meningkatnya inflasi inti.

Hal ini terkonfirmasi dari hasil Survei Konsumen Bank Indonesia yang mencatatkan kenaikan Indeks Keyakinan Konsumen dari 77,3 pada Juli 2021 menjadi 90,7 pada Agustus 2021.

“Ekspektasi pemulihan ekonomi dan potensi dibukanya pembelajaran tatap muka baik untuk Sekolah Dasar maupun Sekolah Menengah dalam waktu dekat juga turut mendorong inflasi di sektor pendidikan,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Jogja, Kamis (2/9/2021).

Dia melanjutkan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali mulai menunjukkan dampak positif terhadap upaya menekan laju penyebaran Covid-19, baik di level nasional maupun DIY.

Kasus penyebaran Covid-19 di DIY diperkirakan telah melewati puncak gelombang kedua.

“Apabila tren positif ini terus berlanjut, tingkat kematian menurun dan kesehatan masyarakat akan membaik, sehingga kami memperkirakan dalam waktu dekat DIY akan lepas dari PPKM Level 4,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved