Breaking News:

Berita Kesehatan

Berapakah Ukuran Kadar Kolesterol yang Normal? Ini Jawabannya Lengkapnya

Memiliki kadar kolesterol yang normal dapat membantu tubuh memproduksi dan mempertahankan jumlah vitamin D dan hormon yang tepat

Penulis: Mona Kriesdinar | Editor: Mona Kriesdinar
familiana
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Memiliki kadar kolesterol yang normal dapat membantu tubuh memproduksi dan mempertahankan jumlah vitamin D dan hormon yang tepat. Hal ini juga bisa membantu dalam proses pencernaan.

Selain itu, kadar kolesterol dalam tubuh sangat mempengaruhi kesehatan jantung.

Oleh sebab itu, Anda sebenarnya disarankan untuk mengukur kadar kolesterol secara rutin. Pengukuran ini menunjukkan apakah tubuh memproduksi kolesterol berlebihan atau tidak.

Jika hasilnya tinggi, maka Anda mungkin harus membuat perubahan pola makan yang diperlukan atau minum obat yang diresepkan.

Baca juga: Cara Menurunkan Kadar Kolesterol Tinggi Beserta Tips Pencegahannya

Ukuran kadar kolesterol yang normal

Sebagai informasi, ada tiga jenis kolesterol yang dapat ditemukan di dalam tubuh. Kolesterol dibawa dalam sel yang disebut lipoprotein, yang terdiri dari lemak dan protein.

Ketiga jenis kolesterol tersebut adalah low-density lipoproteins (LDL), high-density lipoproteins (HDL), dan very-low-density lipoproteins (VLDL).

Ketiganya mengandung trigliserida, meskipun sekitar setengah dari VLDL terdiri dari trigliserida. Berikut ini penjelasannya ;

1. Kolesterol LDL

LDL dianggap sebagai kolesterol "jahat" karena dapat menumpuk di dinding arteri, menyebabkan penyakit jantung dan masalah serius lainnya. Penyumbatan kolesterol ini juga dapat terlepas dari dinding arteri dan menyebabkan pembekuan darah.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved