Breaking News:

Khasiat Daun Laban : dari Obati Sakit Perut, Obati Peradangan Hingga Anti-kanker

Daun laban telah diteliti mengandung senyawa ecdysteroid, flavonoid, steroid, dan fenolik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh

Editor: Mona Kriesdinar
Borneo Diversity
Daun Laban 

TRIBUNJOGJA.COM - Daun leben atau laban yang memiliki nama ilmiah Vitex pubescens Vahl adalah tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Laban tumbuh hampir di semua provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

Pohon laban telah digunakan dalam banyak pengobatan tradisional.

Daun dan kulit batang laban digunakan untuk mengobati sakit pinggang, gangguan pencernaan, demam, sengatan kalajengking hingga digunakan sebagai obat penambah stamina.

Daun laban telah diteliti mengandung senyawa ecdysteroid, flavonoid, steroid, dan fenolik yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun begitu, belum ada penelitian mengenai efek daun laban sebagai obat corona.

Manfaat daun laban bagi kesehatan

Daun laban biasanya dikonsumsi sebagai minuman teh dan dianggap obat herbal yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti berikut:

Sakit perut

Daun laban dikenal sebagai ramuan yang efektif untuk menurunkan produksi asam lambung yang berlebih.

Telah dilakukan penelitian yang mengamati efek laban pada tikus dengan tukak lambung. Hasilnya mengungkapkan bahwa ekstrak daun leben menunjukkan aktivitas yang signifikan melindungi lambung dari asam lambung yang berlebihan.

Anti-peradangan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved