Breaking News:

Jawa

Cakupan Vaksin Ibu Hamil Masih Rendah, Pemkab Magelang Lakukan Percepatan

Dinkes Kabupaten Magelang akan lakukan percepatan untuk vaksinasi bagi ibu hamil mengingat cakupan vaksinasi untuk ibu hamil masih tergolong rendah.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Gaya Lufityanti
via kompas.com
Ilustrasi Ibu Hamil 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Dinas Kesehatan  (Dinkes) Kabupaten Magelang akan lakukan percepatan  untuk  vaksinasi bagi ibu hamil.

Berdasarkan pendataan cakupan vaksinasi untuk ibu hamil masih tergolong rendah, pada dosis pertama baru mencapai 28 orang.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan, pihaknya akan melakukan pemerataan vaksinasi untuk golongan rentan termasuk ibu hamil.

"Kami sudah mendapatkan tambahan stok vaksin. Nantinya akan dibagikan melalui fasilitas kesehatan atau puskemas khusus untuk vaksin ibu hamil maupun kaum rentan  termasuk orang yang memiliki penyakit komorbid, lansia, hingga disabilitas. Mereka ini, perlu perhatian ekstra ," ujarnya kepada Tribunjogja.com, Minggu (29/08/2021).

Baca juga: Vaksinasi Massal Polres Magelang Telah Suntikkan Vaksin Sebanyak 22.105 Orang

Pihaknya juga berencana melakukan  vaksinasi bagi ibu hamil dan kelompok rentan secara terpusat.

Guna mempermudah dan memperluas cakupan vaksin.

"Nantinya, kami akan buat satu lokasi terpusat untuk vaksin bagi kelompok rentan. Rencananya, lokasi berada di Kota Mungkid,  Kabupaten Magelang. Supaya, memudahkan para kelompok rentan yang belum mendapatkan vaksin," ujarnya.

Sementara itu, capaian vaksinasi di Kabupaten Magelang baru mencapai 229.364  orang atau 22,29 persen. 

Padahal, jumlah vaksinasi yang ditargetkan mencapai 1.209.210 orang.

"Memang permasalahan vaksin ini dinamis. Salah satu kendalanya, harus bersabar menunggu datangnya pasokan vaksin. Namun, kami optimis target ini bisa tercapai dengan dibantu pengadaan vaksin yang dilaksanakan oleh Polri maupun TNI," urainya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved