Breaking News:

Belajar Autodidak, Pensiunan ASN di Klaten Bikin Bonsai Kelapa Ukir, Laku Hingga Jutaan Rupiah

Tak hanya anak muda yang sering berkreasi, tapi juga lansia. Puji Hartono contohnya. Seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Puji Hartono menunjukan cara mengukir bonsai kelapa di kediamannya, di Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, Jumat (27/8/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tak hanya anak muda yang sering berkreasi, tapi juga lansia. Puji Hartono contohnya. Seorang pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Setelah pensiun sebagai seorang birokrat, ia lalu memilih mengisi hari-harinya dengan menjadi perajin bonsai kelapa ukir. Kegiatan itu ia lakukan di rumah pribadinya.

Warga Kampung Margo Mulyo, Kelurahan Gergunung, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten, itu bercerita jika keahliannya itu dipelajari secara autodidak.

"Awalnya saya ingin membeli bonsai kelapa yang di jual oleh seseorang di Bali, tapi saat itu antrianya lama dan harganya sekitar Rp500 ribu," ucapnya saat berbincang dengan Tribun Jogja di rumahnya, Jumat (27/8/2021).

Baca juga: RS UII Jemput Bola, Gelar Vaksinasi Massal di Kebun Buah Mangunan Bantul

Kemudian, karena mendapat antrian pemesanan secara online yang cukup lama, pria berusia 62 tahun itu akhirnya iseng mempelajari teknik bonsai kelapa tersebut.

Lalu, bonsai kelapa yang ia coba buat dimodifikasi dengan adanya ukiran-ukiran sehingga tampak lebih unik dari bonsai kelapa lainnya.

Untuk bahan baku, lanjut Puji dirinya tidak terlalu kesulitan untuk mendapatkannya.

Sebab, kelapa tua cukup banyak dan mudah ditemukan di Klaten.

Kelapa tua yang didapat akan disemai terlebih dahulu sebelum tumbuh cikal kelapa atau tunasnya.

Setelah itu, dirinya baru mengukir dan membonsai kelapa tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved