Yogyakarta

KONI DIY Usulkan Kenaikan Bonus bagi Peraih Medali di PON XX Papua

Bonus itu nantinya dapat menjadi lecutan motivasi bagi atlet yang berlaga di Papua, sehingga dapat bertanding dengan maksimal.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Ketua KONI DIY Djoko Pekik Irianto 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DI Yogyakarta mengusulkan kenaikan nominal bonus bagi atlet yang meraih prestasi medali di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 besok.

Usulan tersebut dikatakan langsung oleh Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, Kamis (26/8/2021).

ia ingin jika bonus itu nantinya dapat menjadi lecutan motivasi bagi atlet yang berlaga di Papua, sehingga dapat bertanding dengan maksimal.

Kemudian, Djoko menjelaskan usulan itu telah diajukan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, meski saat ini kontingen PON DIY belum berangkat dan masih menggelar latihan untuk persiapan pertandingan kurang dari dua bulan lagi. 

Baca juga: KONI Berharap Sultan Bisa Hadir di Papua untuk Berikan Motivasi Kepada Atlet DIY yang Tampil di PON

“Untuk bonus sudah kami sudah usulkan dan besarannya meningkat jika dibandingkan bonus PON sebelumnya,” kata Djoko.

Ia pun membeberkan jika hal itu telah disampaikan secara langsung kepada Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X ketika pihak KONI DIY beraudiensi di Kepatihan beberapa hari lalu.

Soal besaran bonus peraih medali emas, perak dan perunggu, Djoko masih enggan menyebutkan, lantaran pihak Pemda DIY yang memiliki kewenangan untuk memastikan berapa nominal bonus yang akan diberikan nantinya.

“Kalau untuk besarannya, kita tunggu kepastian dari Pemda DIY saja. Yang pasti, kami sudah sampaikan usulan kami terkait bonus ini ke Pemda,” paparnya.

Baca juga: Cabor Unggulan Tak Dipertandingkan, KONI DIY Targetkan 11 Emas pada Gelaran PON XX Papua

Pria yang juga guru besar FIK UNY itu memaklumi jika saat ini memang masih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang belum usai.

“Kami memahami kondisi keuangan Pemda karena menangani Pandemi Covid-19. Untuk dananya, biasanya anggaran bonus melekat di Disdikpora DIY, kemungkinan masuk melalui anggaran perubahan,” katanya.

Melihat PON 2016 silam, Pemda DIY menggelontorkan bonus kepada peraih medali emas perorangan sebesar Rp 150 juta, kemudian Rp 75 juta untuk peraih medali perak, dan Rp 20 juta untuk medali perunggu.

Pada PON 2016 yang diselenggarakan di Jawa Barat tersebut, DIY yang mengirimkan sebanyak 323 atlet, dan berhasil mendapatkan 16 medali emas, 15 medali perak serta 25 medali perunggu, dan berhasil finish di urutan 10.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved