Breaking News:

GKR Indonesia dan Dompet Dhuafa Gencarkan Vaksinasi Covid-19 untuk Warga Disabilitas

Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia bersama Dompet Dhuafa Yogyakarta mengadakan kegiatan vaksinasi, Rabu (25/8/2021).

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Vaksinasi warga disabilitas oleh GKR Indonesia dan Dompet Dhuafa di Taman Pintar, Rabu (25/8/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gerakan Kemanusiaan Republik (GKR) Indonesia bersama Dompet Dhuafa Yogyakarta mengadakan kegiatan vaksinasi, Rabu (25/8/2021).

Vaksinasi itu dikhususkan untuk warga disabilitas, pendamping dan keluarga disabilitas di Taman Pintar Yogyakarta.

Kegiatan yang menargetkan 1.000 warga disabilitas ini bertujuan memastikan agar warga disabilitas menerima vaksinasi untuk melindungi dari serangan Covid-19.

Baca juga: Pemkot Yogyakarta Jamin Akses Pendidikan untuk Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19 di Wilayahnya 

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Bendara, perwakilan GKR Indonesia mengatakan, vaksinasi ini juga bagian dari gerakan kebut vaksinasi.

“Harapannya, ini juga jadi solusi penurunan tingkat penularan Covid-19  dan pemulihan ekonomi dari berbagai sektor serta industri yang terpuruk selama gelombang kedua pandemi,” paparnya.

Senada, Zahron selaku perwakilan dari Dompet Dhuafa menegaskan bahwa gerakan ini sebagai langkah membantu pemerintah dan upaya kemanusiaan dalam mengurangi gejala yang diderita warga jika terpapar virus Covid-19.

“Tugas kemanusiaan bisa jadi lebih ringan dengan adanya sinergi berbagai belah pihak,” paparnya.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi DIY ada sekitar 16 ribu anak difabel dan berkebutuhan khusus yang menjadi target sasaran vaksinasi dengan berbagai kondisi.

Mereka ada yang masih bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB), menjadi bagian dari yayasan sosial hingga yang mandiri bukan menjadi bagian institusi.

Vaksinasi Peduli Anak Istimewa akan memiliki dua fokus program yaitu bagi remaja usia minimal 12 tahun dan untuk dewasa dengan minimum umur 18 tahun.

Peduli Anak Istimewa juga akan memberikan pendampingan bagi penyandang disabilitas dengan kategori fisik, intelektual, mental dan atau sensorik.

Baca juga: Bea Cukai dan Satpol PP DIY Temukan Penjual Tembakau Iris Tanpa Cukai

Dalam pelaksanaannya, beberapa perusahaan, organisasi nirlaba dan komunitas peduli bergabung untuk memberikan kontribusi seperti dari Taman Pintar, Peduli Anak Istimewa, Ohana, Difagana, RZ, Rotary, Berbagi Peduli, BKKBN, Filantropi Indonesia, Pramuka Kwarda DIY, klinis.id, BMT Dana Insani dan lainnya.

Pemilihan Taman Pintar Yogyakarta sebagai lokasi pelaksanaan vaksinasi juga karena Taman Pintar  Yogyakarta sering menjadi tuan rumah bagi kegiatan bersama warga difabel.

Disamping itu, sebagai destinasi wisata edukasi, Taman Pintar juga menyediakan berbagai fasilitas yang ramah terhadap warga disabilitas. (ard)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved