Breaking News:

Siapkan Skenario Buka, Bupati Kustini Sri Purnomo Berharap Mall di Sleman Segera Dapat Izin Uji Coba

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap mall di Kabupaten Sleman dapat segera mendapat izin ujicoba buka. Saat ini, Sleman memang tidak termasuk

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap mall di Kabupaten Sleman dapat segera mendapat izin uji coba buka.

Saat ini, Sleman memang tidak termasuk Kabupaten yang ditunjuk untuk melakukan uji coba pembukaan pusat perbelanjaan atau mall pada perpanjangan PPKM Level 4 hingga 23 Agustus mendatang.

Kendati demikian, skenario aturan pelaksanaan ujicoba diakuinya tetap disiapkan apabila nanti ditunjuk oleh Pemerintah Pusat. 

Menurutnya, skenario disiapkan didasari masukan dari asosiasi pengelola pusat belanja Indonesia (APPBI) Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga: Sebanyak 108 Kalurahan di DI Yogyakarta Cairkan Danais untuk Penanganan Covid-19

Komunikasi dengan para pengelola telah beberapa kali dilakukan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman. Saat pertemuan itu, Pemkab Sleman mendapat keluhan sekaligus banyak masukan. 

"Kita tentu tidak diam saja, kita respon masukan-masukan ini dengan menyiapkan skenario agar saat tiba giliran kita mendapatkan ijin uji coba (buka), maka bisa segera dilaksanakan," kata Kustini, melalui keterangannya, Kamis (19/8/2021).

Sejumlah pusat perbelanjaan dan mall di Sleman diakui dia, sebenarnya sudah siap untuk uji coba. Satu di antara indikatornya adalah capaian vaksin bagi para pekerja di tempat tersebut. Jumlah yang sudah divaksin sudah mencapai sekira 75 - 80 persen.

Baginya capaian vaksin itu bisa menjadi modal yang bagus untuk percepatan menggerakkan sektor ekonomi. 

Nantinya, Kustini menjelaskan, apabila mall sudah diizinkan ujicoba buka, maka akan tetap mengikuti aturan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Yaitu pengunjung yang boleh masuk di atas usia 12 tahun. Adapun di Sleman akan ditambah aturan, di mana usia di atas 60 tahun sementara juga tidak diperbolehkan masuk.

Seluruh pengelola pusat perbelanjaan dan mall di Sleman, kata dia, sudah menyatakan kesiapan untuk menerapkan screening pengunjung yang masuk melalui aplikasi PeduliLindungi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved