Breaking News:

PLN UID DIY Jateng

Permainan Edukasi di Desa Wisata Kali Paingan, Bukti PLN Dorong Ekonomi Masyarakat Bangkit

Desa Wisata (Deswita) Kali Paingan yang terletak di Kabupaten Pekalongan ini  merupakan wisata berbasis alam yang mengusung konsep edukasi

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Permainan Edukasi di Desa Wisata Kali Paingan, Bukti PLN Dorong Ekonomi Masyarakat Bangkit 

TRIBUNJOGJA.COM – Di tengah terpaan pandemi Covid-19, PT PLN (Persero) berupaya untuk mendorong pulih dan bangkitnya ekonomi masyarakat.

Komitmen ini diwujudkan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sebagai pendorong kegiatan, pertumbuhan, pemberdayaan ekonomi masyarakat. 

Desa Wisata (Deswita) Kali Paingan yang terletak di Kabupaten Pekalongan ini  merupakan wisata berbasis alam yang mengusung konsep edukasi dengan memberdayakan masyarakat sekitar dan UMKM untuk pengembangannya.

Berdiri pada tahun 2011 hingga mendapat pendampingan dari PLN Peduli pada tahun 2017, jumlah pengelola dan UMKM di lokasi tersebut mengalami kenaikan yang signifikan. 

Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pekalongan, Muhammad Khadafi mengatakan bahwa kerekatan, rasa kebersamaan dan keinginan untuk berkembang menjadikan PLN Peduli tergerak untuk membantu perjuangan masyarakat Desa Kali Paingan. 

"Meski ditengah pandemi melanda, kami tetap menggiatkan program TJSL di Desa Kali Paingan dengan memberikan bantuan fasilitas permainan edukasi sebagai wahana pendukung dan kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitarnya” ujar Khadafi. 

Deswita ini dibuka setiap hari untuk umum, mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. 

Selain memiliki pesona alam yang asri dan instagrammable, tempat wisata ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti Jembatan Gantung, Flying Fox, hingga Alat Permainan Edukasi.

Dengan membayar tiket masuk Rp 5.000/orang, pengunjung dapat menjadikan Deswita Kali Paingan ini salah satu alternatif wisata yang wajib dikunjungi. 

Sementara itu, Tirtonadi selaku Kepala Pengelola Deswita Kali Paingan menuturkan, sebelumnya ia dan kelompoknya terkendala modal dan alat untuk menambah jenis wahana sebagai pendukung pembangunan Deswita ini, hingga akhirnya pada tahun 2017 PLN melirik dan memperhatikan perkembangan Deswita Kali Paingan.

Banyak manfaat dari bantuan yang diberikan oleh PLN Peduli terlebih fasilitas permainan edukasi. 

"Semenjak didirikan pada tahun 2011, PLN merupakan satu-satunya instansi yang melirik kami untuk memberikan bantuan. Sekarang, Alhamdulillah kami sudah dapat membangun Deswita Kali Paingan ini menjadi lebih baik dengan berbagai jenis wahana serta fasilitas yang lengkap. PLN bukan hanya mendorong peningkatan ekonomi namun juga membuat masyarakat sekitar menjadi semangat untuk mengembangkan Deswita ini untuk menjadi salah satu objek pilihan di Jawa Tengah” jelas tirto. (rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved