Breaking News:

Jawa

39 Ibu Hamil di Klaten Meninggal Dunia Selama Januari-Agustus, 26 Diantaranya Akibat Covid-19

Ibu hamil yang meninggal akibat positif terpapar Covid-19 tersebut ada juga yang meninggal di rumah dan rumah sakit.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Kepala Bidang Kesehatan Masyrakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, Tuti Nurharyanti saat Tribun Jogja temui di Pendapa Setda Klaten, Rabu (18/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 39 ibu hamil meninggal dunia di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dari Januari hingga Agustus 2021.

Berdasarkan data itu, 26 ibu hamil diantaranya meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Adapun lainnya meninggal karena penyakit bawaan seperti jantung, hipertensi, diabetes dan lainnya.

Demikian penjelasan yang disampaikan oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyrakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, Tuti Nurharyanti saat Tribunjogja.com temui di Pendapa Setda Klaten, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: PPKM Level 4 di Klaten Kembali Diperpanjang, Ini Perbedaan dari PPKM Periode Sebelumnya

"Kita angkanya cukup tinggi, sejak awal tahun 2021 hingga saat ini ada 39 ibu hamil yang meninggal dunia. Kemudian sebanyak 26 ibu hamil dari total 39 orang itu meninggal karena Covid-19," ucap Tuti Nurharyanti.

Diakui Tuti, puluhan ibu hamil yang meninggal karena Covid-19 itu, ada juga yang meninggal berserta janin yang ia kandung.

"Kebanyakan kasus bayinya meninggal dulu, denyut nadinya hilang, terus kemudian ibunya saturasinya turun dan meninggal. Kalau yang bersalin ada juga satu," jelasnya.

Kemudian, lanjut Tuti, ibu hamil yang meninggal akibat positif terpapar Covid-19 tersebut ada juga yang meninggal di rumah dan rumah sakit.

"Kalau yang di rumah itu pada saat kasus sedang tinggi-tingginya kemarin dan tidak dapat rujukan. Ibu hamil ini ada yang murni meninggal karena Covid-19," jelasnya.

Ia menegaskan, untuk menekan angka kematian ibu hamil akibat terpapar Covid-19, lanjutnya telah dilakukan sejumlah kebijakan dan pemeriksaan ibu hamil secara berkala.

Baca juga: Puskesmas di Klaten Ditarget Lakukan Vaksinasi COVID-19 Sebanyak 250 Dosis Setiap Hari

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved