Breaking News:

Tips Lengkap Nyaman dan Aman Naik Kereta Api Selama PPKM

Anda wajib membawa surat negatif hasil test RT-PCR yang diambil maksimal 2x24 jam sebelum berangkat

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan
ist
Tips Lengkap Nyaman dan Aman Naik Kereta Api Selama PPKM 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah telah secara resmi memperpanjang PPKM Level 1-4.

Bukan hanya untuk wilayah Jawa – Bali, pembatasan ini juga untuk daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. 

Selama PPKM ini, persyaratan naik kereta api juga masih diberlakukan. Anda yang sudah beli tiket kereta jarak jauh wajib menunjukkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama.

Selain itu Anda wajib membawa surat negatif hasil test RT-PCR yang diambil maksimal 2x24 jam sebelum berangkat atau rapid test antigen yang sampelnya diambil maksimal 1x24 jam sebelum berangkat. 

Jika Anda punya urusan penting yang tidak bisa ditunda dan harus naik kereta ke luar kota, berikut ini ada tips nyaman dan aman naik kereta api jarak jauh selama PPKM yang perlu Anda ketahui

1. Sebelum berangkat naik kereta

Sebelum berangkat, berikut ini ada berbagai tips persiapan perjalanan yang perlu Anda ketahui agar perjalanan Anda lancar dan berjalan sesuai rencana. 

  • Beli tiket kereta api online sekarang juga karena lebih aman dan nyaman bisa dilakukan sambil rebahan dari rumah. Anda pun tidak akan kontak dengan orang lain sehingga resiko terpapar virus corona pun nihil. Jadi daripada kehabisan tiket, pesan online lewat Traveloka saja.
  • Sediakan sertifikat vaksin Anda yang didapat saat mengikuti vaksin (baik vaksin pertama atau kedua). Anda bisa mendownloadnya lewat website atau aplikasi PeduliLindungi, lalu cetak sendiri di rumah untuk menjaga kerahasiaan dokumen tersebut. Anda juga bisa menyimpannya di dalam smartphone untuk ditunjukkan ke petugas stasiun. Namun untuk jaga-jaga jika koneksi buruk, baiknya juga punya sertifikat yang sudah diprint.
  • Jika memilih PCR, lakukan maksimal 2 hari sebelum berangkat. Dan jika memilih rapid test antigen juga perlu melakukannya satu hari sebelum berangkat. Ada baiknya untuk tidak melakukan rapid test di hari keberangkatan karena bisa saja antrian ramai, waktu tunggu lama dan sebagainya yang bisa membuat Anda ditinggal kereta. Bukankah lebih nyaman jika melakukannya tanpa buru-buru? Anda pun tidak perlu buru-buru datang ke stasiun karena sudah tes hanya perlu pemeriksaan dokumen oleh petugas
  • Jangan lupa bawa barang bawaan wajib perjalanan di masa pandemi, yaitu masker cadangan, hand sanitizer, tisu, desinfektan dan obat-obat penting dan simpan ke dalam tas yang akan dibawa naik; bukan di dalam koper
    Pastikan Anda cukup istirahat dan dalam kondisi sehat dan prima untuk melakukan perjalanan jauh 

2. Hari H keberangkatan

Di hari keberangkatan sesuai tiket kereta yang Anda beli, Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini.

  • Bawa bekal sendiri dari rumah; makanan, camilan dan minuman karena sangat tidak disarankan untuk berbagi peralatan makan minum dengan orang lain yang tidak tinggal serumah dengan Anda.
  • Pakai pakaian lengan panjang atau lapisi kaos lengan pendek dengan jaket untuk melindungi kulit dari gesekan langsung dengan orang lain yang mungkin berpapasan di jalan, stasiun atau dalam gerbong.
  • Tiba lebih awal di stasiun sebelum jadwal keberangkatan untuk mencetak boarding pass di mesin yang tersedia, lalu menunggu pemeriksaan suhu tubuh dan dokumen perjalanan oleh petugas. Jika Anda datang terlalu mepet jam berangkat, akan sangat riskan karena bisa saja stasiun ramai dan ada antrian di pemeriksaan yang membuat Anda bisa ditinggal kereta.
  • Patuhi protokol kesehatan selama berada di area stasiun, saat di atas kereta dan juga saat tiba di stasiun tujuan. Seperti menjaga jarak dengan orang lain, memakai masker dengan benar dan cuci tangan di fasilitas wastafel yang disediakan stasiun yang letaknya di berbagai sudut stasiun.
  • Pertimbangkan untuk memakai double mask untuk perlindungan maksimal; yaitu masker medis di lapisan pertama dan menempel dengan hidung dan mulut, lalu dilapis dengan masker kain untuk memastikan masker terpasang dengan ketat dan kemampuannya menyaring partikel udara pun meningkat
  • Jaga jarak dengan penumpang lain saat berada di area stasiun

3. Saat di dalam kereta

Selama berada di atas kereta, berikut ada tips yang harus Anda perhatikan agar perjalanan tetap nyaman sampai tujuan.

  • Langsung menuju peron yang ada di tiket dan duduk di kursi sesuai dengan nomor yang tertera di tiket
  • Sebelum duduk, semprotkan dulu desinfektan ke area kursi dan sekitarnya untuk membersihkan area duduk Anda. Gunakan tisu untuk membersihkan permukaan yang disemprot desinfektan
  • Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan tangan pakai hand sanitizer yang sudah Anda bawa di dalam tas
  • Hindari berbicara dengan penumpang di kursi lain maupun melakukan panggilan telepon jika tidak darurat
  • Selalu pakai masker dengan benar selama di atas kereta, kecuali saat makan dan minum

Nah itu tadi berbagai tips yang bisa jadi referensi Anda yang akan naik kereta di masa PPKM ini.

Meski jika nanti PPKM ditiadakan, namun protokol kesehatan naik kereta api pasti akan tetap diterapkan selama pandemi, jadi update selalu info Anda jika memang rutin naik kereta ya. (rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved