Breaking News:

Klaten Keren

Gandeng Jasa Ojol Lewat Inovasi Adek Manja,  Kini  Pengiriman KTP - El dan KIA di Klaten Lebih Mudah

Pemkab Klaten melalui Disdukcapil menggandeng jasa pengiriman dokumen melalui ojek on line alias ojol lewat inovasi Adek Manja

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan
Istimewa
Pemkab Klaten melalui Disdukcapil menggandeng jasa pengiriman dokumen melalui ojek on line alias ojol lewat inovasi Adek Manja 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Masa pandemi seperti ini warga Klaten tidak harus repot datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Klaten kalau sekedar untuk mengambil dokumen kependudukan. 

Kini Pemkab Klaten melalui Disdukcapil menggandeng jasa pengiriman dokumen melalui ojek on line alias ojol lewat inovasi Adek Manja, yakni Antar Dokumen KTP-El, KIA Aman terjaga.

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Klaten Sri Winoto saat dikonfirmasi, Kamis (12/8/2021) mengatakan program inovasi layanan kependudukan Adek Manja  sudah dimulai sejak Mei 2021 lalu.

Sambuatan masyarakat sangat baik, diukur permintaan pengiriman dokumen yang terus terjaga.

“Kondisi pandemi ini kami ingin tetap menjaga keselamatan masyarakat.  Inovasi ini untuk memaksa masyarakat tidak  berkerumun atau repot datang ke kantor Klaten sekedar untuk mengambil dokumen KTP elektronik atau KIA.  Kami ingin memberikan banyak kemudahan.  Alhamdulillah program inovasi Adek Manja disambut baik masyarakat.  Setiap hari ada 5 sampai 10 pengirimin dokumen kependudukan bisa kami lakukan” kata Sri Winoto.

Sri Winoto sekaligus Asisten Administrasi Umum Setda Klaten itu menambahkan kalau program ini bermaksud juga untuk pemberdayaan.  Dampak secara ekonomi khususnya, kalangan pelaku ojol juga perlu dipihaki melalui kebijakan dan kemitraan pemerintah.

“Pandemi yang panjang ini memukul ekonomi banyak sektor termasuk teman-teman ojol. Jadi gayung bersambut istilahnya. Layanan publik kami di Disdukcapil bisa jalan, artinya dokumen kependudukan yang sudah jadi dicetak tidak menumpuk karena belum diambil pemohon, sekaligus memberdayakan rekan ojol.  Layanan jasa antar dokumen ini bisa sedikit membantu ekonomi para ojol.  Karena jasa pengiriman di tanggung masyarakat,” tambahnya.

Untuk mengakses layanan Adek Manja cukup mudah. Setelah mendapatkan kepastian dari Disdukcapil Klaten kalau dokumen yang dimohon sudah dicetak  melalui email, pemohon cukup mengkonfirmasi ke handphone di nomor 0812-1729-6404 dengan mengetikan ADEK MANJA, nama dokumen yang diambil, nama pemohon, Nomor Register dan nomor dokumen.

Langkah berikutnya pemohon memesan layanan Ojol dengan alamat  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipildan alamat tujuan yakni rumah pemohon dengan format Ambil (nama dokumen), nomor register, Nomor dokumen induk yang diambil.

Setelah dibalas petugas ojol, pemohon harus mengkonfirmasi ulang petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Klaten dengan mengetik ADIK MANJA (dokumen yang diambil) nama, nomor register dan nomor plat motor ojol.  Pesan ini lalu diverifikasi petugas pelayanan.

Jika data sesuai, maka petugas pelayanan menyerahkan dokumen kependudukan dimaksud dalam amplop untuk dikrim kepada pemohon.

Setelah dokumen diterima, pemohon untuk mengkonfirmasi ulang ke petugas layanan dengan mengetik dengan format ADIK MANJA dan ketikkan telah diterima ke nomor layanan dan proses selesai. (rls/adv)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved