Breaking News:

Erupsi Gunung Merapi

Butuh Obat Tetes Mata, Hujan Abu Gunung Merapi Meluas di 22 Desa di Kabupaten Magelang

Sebaran abu Gunung Merapi terus meluas hingga ke 22 Desa di wilayah Kabupaten Magelang. Sebelumnya berdasarkan informasi Badan Penanggulangan

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Kondisi perumahan warga di Desa Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang pasca diguyur abu Merapi. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebaran abu Gunung Merapi terus meluas hingga ke 22 Desa di wilayah Kabupaten Magelang.

Sebelumnya berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, hingga Selasa (10/09/2021) malam, sebaran abu Gunung Merapi hanya mengenai 19 Desa di 6 Kecamatan yakni Desa Paten dan Desa Sengi yang berada di Kecamatan Dukun.

Lalu, Kecamatan Sawangan meliputi Desa Ketep dan Desa Wonolelo.Kecamatan Pakis meliputi Desa Pakis, Desa Gejagan, Desa Rejosari, Desa Banyusidi, Desa Ketundan, Desa Petung, dan Desa Daleman Kidul.

Baca juga: Sepekan Berlatih, PSIM Yogyakarta Belum Dapat Lawan Uji Coba untuk Persiapan Liga 2

Kecamatan Grabag meliputi Desa Pucungsari, Desa Pesidi, Desa Lebakdan, Desa Tlogorejo.

Untuk Kecamatan Tegalrejo yang terkena dampak Desa Kebonagung serta Kecamatan Secang meliputi Desa Karangkajen, Desa Donorejo, dan Desa Krincing.

Adapun, perluasan terjadi di dua Desa yakni Kapuhan dan Banyuroto di Kecamatan Sawangan. Serta, Desa Kajangkoso Kecamatan Pakis. 

Ketua Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Desa Sengi, Wawan Hs mengatakan, akibat  guyuran hujan abu yang meluas, warga Desa yang terdampak mulai mengeluhkan terjadi iritasi mata.

"Saat ini, warga membutuhkan obat tetes mata. Karena, dampak dari abu Merapi ini apabila terkena mata menimbulkan rasa perih," terangnya Rabu (11/08/2021).

Sementara itu, untuk keperluan masker bagi para warga yang terdampak. Ia mengatakan, sudah mendapatkan bantuan dari BPBD Magelang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved