Breaking News:

Otomotif

Restorasi Yamaha AS3 Twin 125 : Nostalgia Era Awal Motor Sport Dua Silinder di Indonesia

Yamaha AS3 Twin 125 kini menjadi buruan para collector item dan tidak tanggung-tanggung baderol harganya pun kini sangat fantastis.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Yanuar Trianto (44), owner Yamaha AS3 Twin 125 sekaligus pemilik bengkel motor klasik, Jogja Jadoel Garage. 

TRIBUNJOGJA.COM - Tren sepeda motor sport tanpa fairing (naked) ala motor zaman dulu kini tengah melanda.

Selain memodifikasi motor masa kini menjadi motor jadul, efek dari tren tersebut ialah diburunya kembali motor-motor lawas yang masih dalam kondisi orisinil.

Satu di antaranya yakni Yamaha AS3 Twin 125, motor sport lawas pabrikan Yamaha yang kini menjadi buruan para collector item dan tidak tanggung-tanggung baderol harganya pun kini sangat fantastis.

Hal tersebut diamini oleh Yanuar Trianto (44), owner Yamaha AS3 Twin 125 sekaligus pemilik bengkel motor klasik, Jogja Jadoel Garage.

Yanuar menceritakan, Yamaha AS3 Twin 125 berkelir biru-putih miliknya ia dapat dalam kondisi bahan, dan merupakan sebuah 'proyek' tantangan dari kakak pertamanya, Andre, seorang kolektor motor asal Kediri, Jawa Timur.

Baca juga: Transformasi Yamaha Nouvo Z Jadi Motor Minion, Kustom Unik Green Custom Motorcycle Bantul

"Motor ini awalnya merupakan sebuah tantangan yang diberikan oleh kakak saya. Saya dikirimi motor dalam kondisi bahan, bahkan mesinnya dalam kondisi mati saat itu," ujar Yanuar.

"Saya ditantang untuk menggarap Twin setelah sebelumnya berhasil merestorasi motor-motor bebek maupun 2-tak lawas. Saya bangun motor ini tentu saja melalui proses panjang dan wani perih," tambahnya.

Diungkapkan Yanuar, proses restorasi bukan tanpa kendala.

Apalagi, part-part Yamaha AS3 Twin cukup sulit ditemui di pasaran.

Hal ini tentu saja berasalasan, sebab nenek moyang motor sport Yamaha di Indonesia ini cukup singkat mengaspal di Tanah Air, dari 1973 hingga 1977 saja.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved