Breaking News:

Pertamina Jateng-DIY : Konsumsi BBM Selama PPKM Turun 25,5 Persen

Pertamina memastikan operasional penyaluran bahan bakar minyak (BBM) berjalan normal selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
istimewa
Ilustrasi masyarakat membeli produk Pertamax di SPBU 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pertamina memastikan operasional penyaluran bahan bakar minyak (BBM) berjalan normal selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Kendati demikian, konsumsi BBM jenis gasoline selama masa PPKM menurun sebesar 25,5 persen.

Hal itu diungkapkan Unit Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Pemasaran Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho.

Baca juga: Keistimewaan Bulan Muharram, Salah Satu Bulan Suci

“Kegiatan usaha Pertamina masuk ke dalam sektor kritikal yang terus beroperasi selama masa PPKM, salah satunya adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tetap buka dan beroperasi normal melayani konsumen dalam mengisi BBM,” katanya, Jumat (6/8/2021)

Brasto menuturkan telah terjadi penurunan konsumsi BBM selama masa PPKM jika dibandingkan konsumsi sebelumnya. 

“Rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline menurun sekitar 25,5%, dari semula 1.600 kiloliter (KL) per hari pada bulan Juni menjadi 1.190 KL per hari pada masa PPKM. Sementara rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoil mengalami penurunan sekitar 21,2%, yaitu semula 392 KL per hari di bulan Juni menjadi 309 KL per hari di masa PPKM,” ujar Brasto.

Meskipun demikian, Brasto menyebut penurunan konsumsi disebabkan adanya pembatasan mobilisasi masyarakat sehingga pasokan stok BBM dipastikan dalam kondisi aman.

“Kami tetap menyiagakan seluruh fasilitas dan unit operasi kami untuk terus beroperasi memenuhi kebutuhan pasokan energi bagi konsumen secara optimal,” tuturnya.

Lebih jauh, Brasto menekankan bahwa Pertamina berkomitmen penuh dalam mendukung pemerintah untuk mengatasi tren peningkatan penularan COVID-19.

Dirinya mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan (prokes) untuk menekan laju penularan virus.

Baca juga: Berita Transfer Liga Inggris: Investasi Bintang Muda MU & Rekrutan Villa, City, Chelsea, Arsenal

Untuk kemudahan dan kenyamanan dalam memperoleh produk Pertamina seperti BBM dan LPG, konsumen dapat memanfaatkan layanan pesan antar atau Pertamina Delivery Service (PDS) melalui aplikasi MyPertamina atau dengan menghubungi Pertamina Call Center di nomor 135.

“Selain itu, konsumen juga bisa menggunakan aplikasi MyPertamina yang tersedia di Google PlayStore dan iOS AppStore untuk transaksi non tunai di SPBU,” ujarnya. 

Ia menyebutkan bahwa layanan-layanan tersebut hadir untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen serta untuk mencegah penularan Covid-19.

“Kami juga terus mendukung program vaksinasi Covid-19 agar kita dapat mencapai herd immunity dan kegiatan masyarakat dapat berangsur normal,” pungkasnya. (hda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved