Breaking News:

Vaksinasi Covid19

Vaksinasi Secara Drive Thru Ternyata Lebih Efisien

RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang melaksanakan vaksinasi secara drive thru perdana, pada Rabu (4/8/2021).

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita
Pelaksanaan vaksinasi Drive Thru di RSJ Soerojo, Kota Magelang, Rabu (04/08/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof. Dr. Soerojo Magelang melaksanakan vaksinasi secara drive thru perdana, pada Rabu (4/8/2021). Upaya ini dilakukan demi menyukseskan program pemerintah dalam pengadaan vaksinasi kepada masyarakat.

Pelaksanaan vaksinasi dengan sistem drive thru dinilai lebih efektif karena peserta vaksin tetap berada di kendaraan. Salah seorang peserta vaksin, Yusuf Nur Yanto (28) asal Muntilan mengaku, fasilitas vaksinasi drive thru sangat memudahkan dirinya.

"Tidak perlu repot-repot berdesakan dengan orang lain. Peserta hanya berada di kendaraan sembari mengikuti alur screening mulai dari pengecekan suhu tubuh, tes tensi, hingga mendapatkan penyutikan vaksin. Jadi lebih cepat dan efisien," jelasnya.

Yusuf mengaku, untuk mendapatkan vaksinasi secara drive thru, dirinya terlebih dahulu melakukan pendaftaran secara daring di laman resmi milik RSJ Soerojo. Kemudian, mengisi data diri dan menginput ke laman pedulilindungi untuk mendapatkan sertifikat vaksin.

Setelah mendapatkan suntikan vaksin, lanjutnya, peserta harus menunggu selama 15 menit di ruang yang telah disediakan panitia. Hal ini, bergunan untuk melihat reaksi vaksin atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Setelah dari titik lokasi penyuntikan vaksin, lalu diarahkan ke ruang tunggu untuk melihat KIPI selama 15 menit. Jika tidak terjadi reaksi yang fatal naka diperbolehkan untuk pulang," urainya.

Sementara itu, Direktur Utama RSJ Prof. Dr. Soerojo Magelang, dr. Rukmono Siswishanto,M.Kes.,Sp.OG(K) mengatakan, pengadaan vaksin drive thru perdana kali ini akan menyasar sebanyak 250 penerima vaksin.

"Fasilitas vaksin drive thru ini bisa memakai kendaraan roda dua dan empat. Adapun penyuntikan vaksin pertama ini, dilakukan kepada 200 orang dari pegawai atau keluarga pegawai yang bekerja di RSJ. Kemudian, 50 orang lagi dari masyarakat umum," tuturnya.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksin ini memang diutamakan untuk para pegawai dan keluarga pegawai yang bekerja di RSJ Soerojo Magelang. Mengingat, kerentanan penularan virus Covid-19 dapat terjadi dari para petugas kesehatan ke lingkungan keluarga terdekat.

"Dengan adanya fasilitas ini, kami harapkan para petugas kesehatan dan keluarga bisa terlindungi dari Covid-19. Sehingga, dapat bertugas dengan maksimal di tengah kondisi seperti ini. Kami juga mengapresiasi animo masyarakat terhadap pelaksanaan vaksin ini. Semoga bisa bermanfaat," urainya. (ndg)

Selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Kamis 5 Agustus 2021 halaman 06.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved