Breaking News:

RSCH Klaten Tambah Bed Pasien COVID-19 Sebanyak 50 Persen

Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten menambah bed pasien COVID-19 hingga menjadi 50 persen dari kapasitas tempat tidur yang ada di rumah sakit

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) RSCH Klaten saat merapikan bed pasien COVID-19, Senin (2/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Rumah Sakit Cakra Husada (RSCH) Klaten menambah bed pasien COVID-19 hingga menjadi 50 persen dari kapasitas tempat tidur yang ada di rumah sakit tersebut.

Saat ini, pihak RSCH tengah melakukan persiapan sarana dan prasarana penunjang sehinga bed tersebut segera bisa ditempati oleh pasien COVID-19 yang membutuhkan.

"Saat ini kita baru menyediakan 38 persen bed untuk pasien COVID-19, nah kami telah menyurati Pemkab Klaten dan berkomitmen menambah bed menjadi 50 persen," ujar Direktur Umum RSCH Klaten, Joko Susanto saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (2/8/2021).

Baca juga: Pemkab Sleman Telah Terima 1.540 Vial Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Siap Vaksinasi Dosis Kedua

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan ruangan dan bed yang sesuai dengan standar pasien COVID-19. Diharapkan pada pertengahan Agustus ruang isolasi tersebut rampung dikerjakan dan mulai bisa menerima pasien COVID-19.

Menurutnya, dengan adanya penambahan bed bagi pasien COVID-19 itu, pihaknya sedang memikirkan mengenai bertambahnya kebutuhan liquid oksigen.

Ia pun berharap Pemkab Klaten memiliki solusi dan memberikan bantuan terkait kebutuhan liquid oksigen tersebut.

"SDM kita sudah siap, untuk sarana dan prasarana sudah kita siapkan, yang saat ini jadi pemikiran kami back up liquid omsigen jadi pemikiran, kami harap Pemkab bisa memberikan back up juga," ucapnya.

Disinggung terkait keterisian bed occupancy rate (BOR) pasien COVID-19 di rumah sakit itu, kata Joko, saat ini sudah penuh semua.

"Yang terisi itu ada 25 bed dan per hari ini sudah full ya. Kemarin sempat antri-antri di IGD juga, akhirnya jika warga bisa isoman kami dorong isomanwaktu itu. Tapi sekarang di IGD sudah nggak antri lagi," ucapnya.

Sementara itu, Tim Ahli Satgas COVID-19 Klaten, Ronny Roekmito mengapresiasi RSCH Klaten yang berinisiatif menyiapkan 50 persen bed untuk pasien COVID-19.

Baca juga: BREAKING NEWS : Presiden Jokowi Kembali Perpanjang PPKM Level 4 Hingga 9 Agustus 2021

"Kemarin Menko Luhut mengatakan jika rumah sakit wajib siapkan 50 persen bed utk pasien covid. Seperti RSCH ini mereka ada kesadaran," katanya.

Diakui Ronny, untuk rumah sakit rujukan COVID-19 yang belum menyiapkan 50 persen bed untuk pasien COVID maka pihaknya akan mengkomunikasikannya dalam waktu dekat ini.

"Nanti yang lainnya akan kita minta juga menyiapkan 50 persen bed untuk covid," imbuhnya. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved