Breaking News:

Pasien Covid 19

Pasien Covid-19 Tak Antre Lagi, Meski Tingkat Keterisan Tempat Tidur Pasien Covid-19 Masih Tinggi

Tingkat keterisian tempat tidur di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Klaten hingga saat ini tercatat 95,7 persen.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA/ Almurfi Syofyan
RAPI - Petugas kesehatan saat menata tempat tidur pasien Covid-19 di Rumah Sakit Cakra Husada, Klaten, Senin (2/8/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di sejumlah rumah sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Klaten hingga saat ini tercatat 95,7 persen. Meskipun tergolong tinggi, prosentase ini dinilai mengalami penurunan kendati belum terlalu signifikan.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito mengatakan dari 632 tempat tidur pasien Covid-19 yang ada di sejumlah rumah sakit rujukan di Klaten, sebanyak 608 RS di antaranya sudah terisi.

Adapun untuk ruangan Intensive Care Unit (ICU) pasien Covid-19, dari 66 tempat tidur yang tersedia sebanyak 60 tempat tidur masih terisi. "Ini masih tinggi, kalau yang antre sudah tidak ada. Daerah lain BOR sudah menyentuh 70 persen, kita masih di angka 90 persen," ucap Ronny, Senin (2/8/2021).

Kendati masih tergolong tinggi, Ronny menyebut bahwa kondisi saat ini sudah menunjukkan grafik penurunan jika dibandingkan dengan beberapa pekan yang lalu. "Dibanding beberapa waktu lalu, BOR kita saat ini sudah turun," katanya.

Direktur RSUD Bagas Waras Klaten, Limawan Budiwibowo, mengatakan jika BOR di rumah sakit yang ia pimpin masih cukup tinggi dan nyaris 100 persen. "Untuk pasien Covid-19 tersedia 119 tempat tidur dan saat ini sudah terisi sebanyak 118 tempat tidur atau sekitar 99,16 persen," ucapnya.

Direktur Umum Rumah Cakra Husada (RSCH) Klaten, Joko Susanto mengatakan jika di rumah sakit yang ia pimpin tingkat keterisian tempat tidur masih penuh atau 100 persen. "Yang sudah siap ada 26 bed (tempat tidur). Kondisi saat ini full atau terpakai semuanya untuk pasien Covid-19," katanya.

Tambah 50 persen
Joko menyampaikan jika pihaknya menambah bed pasien Covid-19 hingga menjadi 50 persen dari kapasitas tempat tidur yang ada di rumah sakit tersebut. Saat ini, pihak RSCH tengah melakukan persiapan sarana dan prasarana penunjang sehinga bed tersebut segera bisa ditempati.

"Saat ini kita baru menyediakan 38 persen bed untuk pasien Covid-19. Kami telah menyurati Pemkab Klaten dan berkomitmen menambah bed sebanyak 50 persen," ujar Joko.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan ruangan dan bed yang sesuai dengan standar pasien Covid-19. Diharapkan pada pertengahan Agustus ruang isolasi tersebut rampung dikerjakan dan mulai bisa menerima pasien.

Dengan adanya penambahan bed, pihaknya sedang memikirkan mengenai bertambahnya kebutuhan liquid oksigen. Ia pun berharap Pemkab Klaten memiliki solusi dan memberikan bantuan terkait kebutuhan liquid oksigen tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved