Breaking News:

Teka-teki Atlet Balap Motor Galang Hendra Bela DIY di PON Papua

Atlet balap motor andalan DIY, Galang Hendra Pratama, digadang mendulang medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
DOK. WORLDSBK
Atlet balap motor DIY, Galang Hendra Pratama. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Atlet balap motor andalan DIY, Galang Hendra Pratama, digadang mendulang medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Oktober 2021 mendatang.

Namun, kepastian Galang membela DIY pada PON XX Papua masih tanda tanya. Sebab, ia diperkirakan baru pulang dari World Supersport Spanyol pada 3 Oktober 2021. Padahal, berdasarkan jadwal, Galang bakal berlaga di cabang olahraga balap motor PON XX Papua pada 5 Oktober 2021 atau hanya dua hari setelah pulang dari Negeri Matador.

Sekadar informasi, dalam peraturan keikutsertaan pertandingan pada ajang PON XX Papua, seluruh atlet wajib terlebih dahulu menjalani isolasi mandiri tiga hari sampai lima hari. Kalau benar baru pulang dari Spanyol ke Tanah Air pada 3 Oktober 2021, Galang otomatis tidak akan memiliki waktu untuk memenuhi keharusan untuk menjalani isolasi mandiri.

Terkait kemungkinan itu, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DIY tidak tinggal diam. Mereka sedang mengupayakan agar Galang bisa tetap tampil pada PON XX Papua.

“Kami akan meminta kepada Galang untuk mengusahakan lebih cepat pulang ke Indonesia,” tegas Ketua Umum KONI DIY, Djoko Pekik Irianto, kepada Tribun Jogja, Kamis (29/7/2021).

Upaya KONI DIY bakal dibantu oleh Pengurus Daerah Ikatan Motor Indonesia (IMI) DIY, yang siap bernegosiasi dengan manajemen tim Galang, yakni Ten Kate Racing Yamaha. Pengda IMI DIY akan meminta kepada Ten Kate Racing Yamaha untuk segera menyelesaikan urusan Galang di World Supersport Spanyol sehingga bisa tampil pada PON XX Papua.

“Mudah-mudahan, jadwal pertandingan di Spanyol bisa selesai lebih awal. Kami pun sudah berkoordinasi dengan manajemen supaya Galang bisa segera pulang,” tambah Djoko.

Kendati demikian, KONI DIY menyiapkan alternatif seandainya Galang benar-benar tidak bisa tampil pada PON XX Papua. Tujuannya untuk mengamankan medali emas balap motor.

Selain Galang, DIY memiliki beberapa atlet balap motor berbakat lain, yang bisa diberi kepercayaan untuk menjadi andalan pada ajang olahraga terbesar nasional tersebut. “Sejak awal memang kami siapkan alternatif agar misi DIY untuk mendulang satu medali emas pada PON XX Papua bisa terwujud. Alternatif itu adalah Reza Danica,” beber Djoko.

Fokus di Ceko
Galang baru saja menjalani balapan seri kelima di sirkuit TT Assen, Belanda, yang berlangsung 23-25 Juli 2021. Ia berhasil meraih poin di race 1, tetapi mengalami crash di race 2.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved