Breaking News:

Yogyakarta

Tangani Dampak Pandemi Covid-19, Pemda DIY Salurkan Rp 22,6 Miliar Danais ke Desa-Desa

Pemda DIY telah merancang skema penyaluran Danais sehingga kalurahan yang ada di DI Yogyakarta dapat menerima bantuan Rp 50 hingga Rp 145 juta.

Penulis: Yuwantoro Winduajie | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA/ Yuwantoro Winduajie
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menyebut bahwa Pemda DIY telah merancang skema penyaluran Dana Keistimewaan (Danais) sehingga kalurahan yang ada di DI Yogyakarta dapat menerima bantuan sebesar Rp 50 hingga Rp 145 juta.

"Dana Keistimewaan (Danais) akan kita gunakan, kita sedang coba mendesain, bagaimana menangani Covid-19 ini agar kelurahan kira-kira mendapatkan Rp 50 juta. Tapi saya minta Rp 50 juta ini sudah harus jelas satuannya, karena di desa juga ada APBN Desa dan APBD Desa. Jadi pertanggungjawabannya akan berbeda," ujar Sri Sultan seusai rapat dengan pimpinan dewan, Kamis (29/7/2021). 

Kebijakan ini diambil setelah pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan RI telah menyetujui realokasi anggaran Pemda DIY untuk penanganan Covid-19 termasuk yang bersumber dari Danais

Sementara itu, Paniradya Pati Paniradya Keistimewan DI Yogyakarta, Aris Eko Nugroho mengaku telah menindaklanjuti instruksi Sri Sultan HB X.

Baca juga: Usai Dapat Sinyal Positif Kemenkeu, Pemda DIY Siapkan Rp80 Miliar Danais untuk Tangani Covid-19

Pemerintah desa pun diminta untuk segera melakukan perubahan APBDes agar dapat segera mengakses dana bantuan yang bersumber dari Danais tersebut.

"Karena dana itu kan masuk pada pendapatan di APBDes dan harus keluar sebagai belanja. Kalau mereka bisa hari ini bisa melakukan itu, senin besok pencairan ya silahkan," katanya.

Pasca PMK anyar diterbitkan, saat ini pihaknya telah menyelesaikan upaya pergeseran anggaran atau refocusing Danais

Dari upaya refocusing yang telah dilakukan, pihaknya mengalokasikan Danais sebesar Rp 80,1 miliar khusus untuk penanggulangan pandemi Covid-19.

"Pada kesempatan ini Pemerintah DIY ada refocusing pasca PMK 94 tahun 2021 sebesar Rp 80,1 miliar. Dana yang kemudian kita siapkan Rp 80,1 miliar ini kita bagi menjadi dua poin," jelasnya.

Poin pertama, lanjut Aris, Danais diperuntukkan secara langsung pada program kegiatan yang dieksekusi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Baca juga: Anggaran Rp370 Juta dari Danais Digunakan untuk Penunjang Vaksinasi Pelaku UKM dan UMKM

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved