Breaking News:

Permudah Akses Calon Penumpang, Yogyakarta International Airport (YIA) akan Terkoneksi Jalan Tol

Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kulon Progo akan terkoneksi dengan rencana hadirnya akses jalan tol yang langsung menuju ke bandara.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Gerbang masuk menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA) di Temon, Kabupaten Kulon Progo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Yogyakarta International Airport (YIA) di Temon, Kulon Progo akan terkoneksi dengan rencana hadirnya akses jalan tol yang langsung menuju ke bandara. 

Dengan adanya akses tersebut diharapkan dapat mempermudah calon penumpang yang menggunakan jasa penerbangan. 

Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi mengatakan saat ini telah disepakati sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang akan terhubung dengan YIA.

Baca juga: Akibat Hubungan Arus Pendek Listrik, Rumah Milik Lansia di Kaliangkrik Magelang Ludes Terbakar

Yaitu Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo dengan jalan akses tol menuju YIA dan Jalan Tol menuju YIA-Borobudur oleh Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I, Badan Pengatur Jalan Tol dan PT Jogjasolo Marga Makmur. 

Terkait kesepakatan sinkronisasi desain konektivitas tol yang akan terhubung dengan YIA mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA yang difasilitasi dengan lajur tersendiri dan menuju exit jalan akses YIA-Borobudur. 

Oleh sebab itu, AP 1 tetap berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan di bandara. Seperti penyediaan fasilitas dan peningkatan aksesibilitas menuju bandara. 

"Dengan telah disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan YIA, maka para pemangku kepentingan dapat melakukan proses selanjutnya terkait pembangunan tol dari dan menuju YIA dapat segera terwujud. Akses tol ini akan semakin memudahkan masyarakat untuk menjangkau YIA," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Kamis (29/7/2021). 

Selain terhubung jalan tol, nantinya juga terkoneksi dengan jalur rel KA Bandara yang menghubungkan Stasiun Tugu Yogyakarta hingga terminal YIA. 

Baca juga: Minuman Menyehatkan Resep dr Zaidul Akbar, Mampu Segarkan Sel-Sel Tubuh

Kini jalur rel tersebut sudah memasuki tahap uji coba. Rencananya akan dioperasikan pada 17 Agustus 2021 mendatang. 

PTS General Manager YIA, Agus Pandu Purnama berharap dengan adanya jalur rel bandara dan jalan tol, aksesibilitas menuju YIA lebih banyak. 

Calon penumpang juga dipermudah dan animo masyarakat untuk menggunakan jasa penerbangan diharapkan semakin tinggi. 

"Jadi nanti begitu virus corona hilang.  YIA sudah siap semuanya," ucapnya. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved