Breaking News:

Percepatan Vaksinasi

Dinkop DIY Alokasikan Rp370 Juta untuk Percepatan Vaksinasi

Paniradya Kaistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bersiap melakukan pergeseran anggaran Danais untuk pencegahan dan pencegahan Covid-19.

Editor: Agus Wahyu
Tribunjogja/ Miftahul Huda
Paniradya Pati Kaistimewan DIY Aris Eko Nugroho. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Paniradya Kaistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai bersiap melakukan pergeseran anggaran Dana Keistimewaan (Danais) untuk pencegahan dan penanganan Covid-19. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp80 miliar untuk penanganan pandemi.

Paniradya, Paniradya Pati pemerintah DIY, Aris Eko Nugroho, mengatakan, sementara ini yang sudah melakukan penggeseran anggaran yakni dari Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop) DIY sebesar Rp370 juta. Anggaran tersebut ditujukan untuk mempercepat vaksinasi bagi pelaku UMKM.

Sedangkan secara keseluruhan, pihaknya masih menunggu arahan pemerintah pusat atas terbitnya surat Peraturan Menteri Keuangan (PMK). "Karena PMK ini kaitannya bukan hanya danais tapi ya transfer lain juga, Dana Desa, DAU dan lainnya," jelasnya saat dihubungi, Rabu (28/7/2021).

Kendati demikian, Paniradya Kaistimewaan sedang menyiapkan perubahan anggaran Danais.
Mereka mentargetkan dalam satu pekan ke depan dapat menyelesaikan perubahan anggaran tersebut.

"Saat ini kami sedang menyiapkan perubahan danais. Semoga minggu ini lancar dan bisa selesai," terang dia.

Perubahan anggaran itu yakni berupa penjabaran alokasi danais yang direncanakan untuk penanganan Covid-19. Ada kemungkinakan Danais yang diubah alokasinya berupa jaring pengaman sosial, atau dapat pula berbentuk lain.

Ditanya hal paling mendesak saat ini, Aris memaparkan hal itu sesuai arahan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X alokasi Danais akan diprioritaskan untuk proses vaksinasi. "Yang paling urgen Guberbur bilang untuk proses vaksinasi. Kemarin Dinas Koperasi, besok Dinas Kebudayaan, Perhubungan, Biro Tapem, Pariwisata. Kan masing-masing OPD mengusulkan nanti kami sasar," jelas Aris.

Ia melanjutkan, taksiran anggaran Danais yang kini disiapkan untuk pencegahan dan penanganan Covid-19 sebesar Rp80 miliar. "Saya ngomong kisaran sekitar Rp80 miliar. Ini yang kami siapkan pasca-muncul surat PMK," jelas dia.

Adapun, saat ini Pemda terus mempercepat vaksinasi bagi pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di DIY. Selain bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DIY, Dinas Koperasi (Dinkop) dan UMKM DIY mendapat suntikan dana penunjang vaksinasi yang bersumber dari danais.

"Jadi untuk saat ini Kementerian kan ada target 50 ribu vaksinasi untuk pelaku UKM, UMKM, dan koperasi. Itu kami tambahan danais saat ini sekitar Rp370 juta," kata Kepala Dinkop UMKM DIY, Sri Nurkyatsiwi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved