Universitas Amikom Yogyakarta Raih Ranking 33 Dunia Versi WURI 2021 Kategori Industrial Application

Universitas Amikom Yogyakarta Raih Ranking 33 Dunia Versi WURI 2021 Kategori Industrial Application

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Hari Susmayanti
TRIBUNJOGJA/Tangkapan Layar
Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Dr M Suyanto MM 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih pengakuan internasional dari World’s Universities with Real Impact (WURI).

Universitas Amikom Yogyakarta berhasil meraih peringkat 33 di dalam kategori Industrial Application di tahun 2021 ini.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Prof Dr M Suyanto MM kepada awak media melalui konferensi pers secara virtual, Selasa (27/6/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Suyanto menjelaskan, Amikom bisa mendapatkan penghargaan bergengsi melalui badan usahanya, yakni PT MSV Sinema (MSV Studio).

“Ada tiga kriteria penilaian yang bisa kami penuhi dari WURI 2021 itu, yakni seberapa inovatif hal tersebut, apakah inovasi tersebut bisa diimplementasikan ke dalam hasil nyata, dan seberapa luas dan intensifnya dampak dari produk yang dihasilkan oleh inovasi tersebut,” bebernya.

Dia menjelaskan, untuk bidang Industrial Application, penerapan di dunia industri akan memiliki nilai lebih daripada hanya sekadar riset dan pembelajaran dengan metode tradisional.

Selain Amikom, perguruan tinggi (PT) lain yang juga masuk di Top 50 Industrial Application WURI 2021 adalah Minerva Schools at Keck Graduate Institute, Massachusetts Institute of Technology serta Stanford University.

“Universitas Amikom Yogyakarta menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang masuk di peringkat 50 teratas dunia. Dengan demikian, otomatis di Indonesia menjadi nomor satu untuk kategori Industrial Application," ucapnya.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa Universitas Amikom Lakukan Pendampingan Literasi Media di Bantul

Sebagai informasi, WURI atau World’s Universities with Real Impact merupakan sebuah sistem peringkat universitas internasional yang menilai perguruan tinggi dari kontribusi nyata terhadap masyarakat luas, khususnya pada pendekatan kreatif dan inovatif di bidang penelitian dan inovasi. 

Terdapat lima kategori pada WURI 2021, yaitu Industrial Application, Entrepreneurial Spirit, Ethical Value, Student Mobility and Openness, dan Crisis Management.

Film ‘Battle of Surabaya’ yang tayang pada tahun 2015, tentu menjadi salah satu kisah sukses karya original dari Amikom.

Setelah itu, karya-karya film animasi lain terus diproduksi Amikom yang bekerja sama dengan sutradara-sutradara dunia, termasuk dari Hollywood.

Selain masuk di Top 50 Industrial Application WURI 2021, Amikom juga menjajaki kerjasama dengan sineas-sineas global.

Baru-baru ini, mereka terlibat dalam kerja sama produksi film animasi ‘Where Is Anne Frank’ yang disutradarai Ari Folman, sutradara asal Israel.

Film tersebut menceritakan kisah hidup Anne Frank, menggunakan gaya animasi yang hidup dan menggunakan 159 ribu gambar dibuat di 15 negara.

Tidak tanggung-tanggung, film ‘Where Is Anne Frank’ masuk di Cannes Film Festival 2021 dalam kategori Out of Competition.

Film ditayangkan di Cannes bersama dengan sejumlah film lain di kategori yang sama, yakni ‘Aline, The Voice of Love’ karya Valerie Lemercier, ‘Bac Nord’ karya Cedric Jimenez dan ‘Emergency Declaration’ karya Han Jae Rim. (Tribunjogja/Ardhike Indah)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved