Breaking News:

Persiba Bantul

Risiko Fisik Ditanggung Pemain, Latihan Skuat Persiba Tunggu Situasi Pandemi Membaik

RISIKO kita serahkan ke masing-masing pemain, jika besok kebugarannya menurun drastis saat kita latihan kembali.

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Agus Wahyu
TRIBUNJOGJA/ Taufiq Syarifudin
UJI COBA - Pemain Persiba Bantul saat melakoni laga uji coba lawan PS Trianaga di Lapangan Trirenggo, Kabupaten Bantul beberapa waktu lalu. 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Penetapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang. Hal tersebut kemudian membuat manajemen Persiba Bantul selaku kontestan Liga 3 Indonesia khawatir.

Pasalnya semakin lama liga ditunda, bukan hanya kerugian finansial yang akan menerpa tim, melainkan performa dan psikis para pemain akan semakin menurun. Kondisi ini juga menjadikan Laskar Sultan Agung kesulitan menentukan langkah ke depan.

Asisten pelatih Persiba, Sudarmaji mengatakan sejak PPKM awal bulan Juli 2021 lalu tim tidak melakukan aktivitas apapun. "Uji coba juga kita tunda. Semua pemain yang dari luar kota kita kembalikan dulu ke rumahnya masing-masing. Mereka kita minta menjaga kondisi dengan latihan mandiri," kata Sudarmaji, Senin (26/7/2021).

Namun pada aktivitas latihan mandiri itu, Persiba Bantul tidak melakukan pengawasan kepada pemain secara intensif. Darmo, sapaan akrab Sudarmaji menyebutkan jika kondisi fisik saat ini menjadi konsekuensi masing-masing pemain.

Di samping Persiba Bantul juga belum dapat bertanggung jawab sepenuhnya karena status pemain saat ini masih seleksi. Ia juga percaya jika pemain yang memiliki kemauan dan semangat tinggi tidak akan menyerah dan berleha-leha untuk berlatih mandiri.

"Risiko kita serahkan ke masing-masing pemain, jika besok kebugarannya menurun drastis saat kita latihan kembali. Mau tidak mau kita coret dari daftar pemain. Karena kita anggap mereka sudah tahu kebutuhan latihan seorang pemain seperti apa," kata Darmo.

Latihan yang disarankan tim pelatih Persiba Bantul meliputi, kekuatan, daya tahan, kecepatan, dan kelincahan. Sejauh semua aspek itu dipenuhi, Darmo menganggap performa pemain tidak akan terjun bebas.

Di satu sisi, jadwal latihan Persiba yang direncanakan dimulai lagi pada awal atau pertengahan bulan Agustus 2021 terpaksa ditunda dan akan ditinjau kembali lagi-lagi sebagai imbas dari perpanjangan PPKM.

"Sampai saat ini kita belum tahu kapan bisa berkumpul latihan lagi. Kita masih tunggu PPKM dan kejelasan kompetisi 2021," ujarnya.

Darmo hanya berharap, dengan adanya penambahan waktu PPKM ini tidak serta merta bakal kembali menunda kompetisi yang sudah sekian lama direncanakan. "Inginnya pemain dan pelatih itu sama, segera ada kompetisi yang jelas," tandasnya.

Segera Temui Sukeno
Manajer Persiba, Rumawan menyebut bahwa aktivitas klub yang direncanakan bulan Agustus 2021 pun harus kembali ditinjau ulang. "Kita belum tahu Agustus nanti bisa ada aktivitas lagi apa belum. Saat ini kita lihat perkembangan situasi dulu," kata Rumawan.

Kekhawatiran kemudian muncul, jadwal kompetisi bisa saja dimundurkan lagi. Kasus itu pun seakan menjadi dejavu karena serupa dengan kasus tahun 2020 ketika kompetisi liga akhirnya dibatalkan setelah ada dua kali pengunduran jadwal.

Merespon situasi yang semkin menyesakkan ini, pihak manajemen Persiba akan segera berdiskusi dengan presiden klub, Soekeno dalam waktu dekat ini untuk membahas langkah klub selanjutnya.

"Untuk saat ini kita belum ada rencana, dalam waktu dekat ini sebelum masuk Agustus kita akan ketemu bos besar dulu (Sukeno), Coach Suwandi juga ikut, baru setelah itu dia akan pulang dulu atau bagaimana nanti," bebernya.

Sebagai catatan, Persiba Saat ini sedang dalam tahap seleksi pemain, dengan kebanyakan diikuti oleh pemain muda. Sehingga para pemain belum dapat menerima honor karena belum ada ikatan kontrak. (tsf)

Berita selengkapnya baca Tribun Jogja edisi Selasa 27 Juli 2021 halaman 10.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved