Breaking News:

Yogyakarta

Pameran Seni Rupa Virtual 'Rima Rupa#1' : Ruang Ekspresi 17 Perupa Penyandang Disabilitas

Pameran seni rupa virtual ini dapat diakses melalui kanal Youtube Jogja Disability Arts, mulai 15 Juli 2021 lalu.

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho | Editor: Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam upaya mewujudkan partisipasi penuh dan kesamaan kesempatan disabilitas dalam bidang seni budaya di tingkat nasional dan internasional, Yayasan Jogja Disability Arts bekerjasama dengan Galeri R.J. Katamsi ISI Yogyakarta menyelenggarakan pameran seni rupa virtual bagi pelaku seni difabel bertajuk 'Rima Rupa#1'.

Pameran seni rupa virtual ini menampilkan karya 17 perupa penyandang disabilitas dari berbagai daerah di Indonesia yakni Yogyakarta, Bengkulu, Lampung, Bandar Lampung, Banten, Jakarta, Bandung, Cirebon, Banjarnegara, Madiun dan Bali.

Karya seni rupa yang ditampilkan dalam pameran virtual berupa lukisan, batik dan karya kolase.

Pameran seni rupa virtual ini dapat diakses melalui kanal Youtube Jogja Disability Arts, mulai 15 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Pameran Tunggal Petek Sutrisno Teenage Fantasy Super Hero dan Harmoni dalam Mimpi Remaja

Pemanfaatan Youtube sebagai platform untuk menyelenggarakan pameran virtual memberikan peluang kepada masyarakat dan kaum difabel mengakses karya yang lakukan melalui genggaman tangan.

Ketua Jogja Disability Arts, Butong Idar mengatakan, pameran ini sangatlah positif bagi disabilitas pelaku seni karena dengan memberikan ruang dan kesempatan adalah satu di antara bentuk aksesibilitas, agar disabilitas dapat mengaktualisasikan diri di dalam masyarakat, terutama juga di dalam atmosfer seni rupa dan memberikan khazanah dunia seni rupa Indonesia.

"Harapannya Pameran ini dapat menjadi pondasi yang kuat sebagai pijakan yang kuat bagi disabilitas pelaku seni memasuki wilayah-wilayah seni yang lebih besar. Tetap terus berkarya, setara dan merdeka," ujar Butong Idar.

Lebih lanjut ia menjelaskan, Rima Rupa adalah sebuah event pameran seni rupa yang diselenggarakan secara berkala oleh JDA bekerjasama dengan Galeri R.J. Katamsi.

Adapun judul Rima Rupa dipilih untuk menandai keberagaman dan kebebasan dalam berekspresi secara visual baik pilihan gaya dalam seni rupa, teknik, maupun ide para peserta yang mengikuti pameran ini.

"Seperti halnya sebuah rima, pameran yang berulang dalam keragaman dan kebebasan ini akan berusaha untuk menemukan irama dan keindahannya dalam bahasa rupa," ujarnya.

Baca juga: Sarkastik Situasi Politik Indonesia Terpajang di Pameran Complex Terrors

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved