Breaking News:

Headline

Puluhan Pasien Covid-19 di Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

Sebanyak 52 warga Kabupaten Klaten yang terpapar Covid-19 dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali untuk menjalani isolasi terpusat.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Agus Wahyu
Humas Polres Klaten
EVAKUASI - Sejumlah warga Klaten yang terpapar Covid-19 saat menaiki mobil polisi sebelum dievakuasi Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali untuk menjalani isolasi terpusat, Jumat (23/7/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebanyak 52 warga Kabupaten Klaten yang terpapar Covid-19 dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali untuk menjalani isolasi terpusat, Jumat (23/7/2021) pagi. Proses pemindahan warga melibatkan aparat gabungan dari Polda Jateng, Kodam IV/Diponegoro, Polres dan Kodim Klaten serta Pemkab Klaten.

Sejumlah pejabat juga turut memantau jalannya evakuasi di antaranya Irwasda Polda Jateng, Dir Sabhara, Dansat Brimob, Kabid Humas serta Forkompinda Kab. Klaten. Proses evakuasi dilakukan menggunakan mobil ambulans yang datang membawa pasien Covid-19 dari masing-masing kecamatan ke GOR Gelarsena Klaten.

Seusai pengecekan dari petugas kesehatan, sekira pukul 14.30 WIB, puluhan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut diangkut menuju Asrama Haji Donohudan dengan menggunakan tiga bus Brimob dan dikawal oleh aparat TNI-Polri.

Bupati Klaten, Sri Mulyani menyatakan bahwa evakuasi warga ke lokasi isolasi terpusat akan dimaksimalkan. Upaya ini sengaja dilakukan dikarenakan angka konfirmasi kasus positif Covid-19 di Klaten beberapa wkatu terakhir cukup tinggi.

"Kebijakan penempatan warga di isolasi terpusat dimaksudkan untuk menekan angka penularan Covid-19 khususnya dari klaster keluarga," ucap Sri Mulyani, Jumat (23/7/2021).

Sri Mulyani menjelaskan, total warga yang nantinya akan dibawa ke lokasi isolasi terpusat Donohudan direncanakan berjumlah 250 orang. "Sebanyak 52 orang untuk hari ini (Jumat) dan dua hari berikutnya masing-masing 100 orang," katanya.

Menurut Sri Mulyani, pihaknya harus membagi lokasi penempatan warga yang terpapar Covid-19. "Kecamatan dibantu Danramil dan Kapolsek sudah mengirimkan pasien-pasien yang ada di wilayah mereka untuk dikirim ke GOR Gelarsena. Kemudian 52 diantaranya akan kita transfer ke Donohudan," jelasnya.

Bupati Klaten menambahkan bahwa pihaknya bersama instansi terkait akan mengusahakan semua warga yang terkonfirmasi positif tanpa gejala atau bergejala ringan ditampung di lokasi isolasi terpusat baik itu tingkat kelurahan, kecamatan maupun isolasi terpusat tingkat kabupaten.

Makanan dan obat terjamin
Bupati menjelaskan, warga yang dibawa ke lokasi isolasi terpusat untuk tidak perlu khawatir dan takut karena seluruh kebutuhan selama menjalani isolasi ditanggung pemerintah. "Tenaga kesehatan, dan makanan tersedia. Obatnya itu selama 24 jam terjamin oleh petugas" ucapnya.

Kapolres Klaten, Edy Suranta Sitepu, menyatakan pihaknya telah menyiapkan 500 lebih personel yang terdiri dari 2 SSK BKO Brimob dan Sabhara Polda Jateng dan anggota Polres Klaten untuk mendukung kegiatan kontijensi Covid-19 di Klaten.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved