Breaking News:

Jawa

Ketua DPRD Klaten Dorong Warga yang Terpapar Covid-19 Bersedia Jalani Isolasi Terpusat

Isolasi terpusat dinilai efektif mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 serta mampu mengurangi sebaran virus korona di daerah itu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ketua DPRD Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo mendorong masyarakat Klaten yang terpapar Covid-19 untuk mau menjalani isolasi terpusat di tempat-tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten Klaten.

Hal itu ditegaskan Hamenang, karena isolasi terpusat dinilai efektif mempercepat penyembuhan pasien Covid-19 serta mampu mengurangi sebaran virus korona di daerah itu.

"Pemerintah Kabupaten Klaten beserta Forkopimda dan seluruh stake holder terkait telah melakukan segalanya agar menekan angka penularan Covid-19 di Klaten," ujar Hamenang pada Tribunjogja.com, Jumat (23/7/2021).

Menurut Hamenang, beberapa upaya yang dilakukan pemerintah daerah dan stake holder terkait dalam menekan sebaran Covid-19 di Klaten, yakni, mulai dari penegakan aturan PPKM, penyekatan lalu lintas, program serbuan vaksinasi dan usaha-usaha lainnya.

Baca juga: Mulai Hari Ini Pasien Covid-19 di Klaten Dibawa ke Shelter Isolasi Terpusat

"Dari segi tingkat keramaian serta kerumunan Klaten terpantau berhasil menguranginya, namun nyatanya tidak berbanding lurus dengan angka penularan Covid-19 serta angka kematian yang masih tinggi," jelasnya.

Kemudian, lanjut dia, masih tingginya angka penularan dan kematian akibat terpapar Covid-19 di Klaten ditenggarai karena kurang maksimalnya pola isolasi mandiri oleh warga yang terkonfirmasi positif.

"Setelah dilakukan evaluasi ternyata permasalahnnya adalah kurang maksimalnya pola isolasi mandiri bagi warga terkonfirmasi, ternyata isoman ini justru pada akhirnya yang membuat virus ini cepat menyebar ke masyarakat," ucapnya.

Memang, lanjut politisi PDI Perjuangan itu, sebagian warga yang menjalani isolasi mandiri ada juga yang tertib ketika menjalankan isolasi mandiri di rumahnya.

"Namun sayangnya daripada yang tertib banyak juga yang tidak tertib sehingga akhirnya menimbulkan klaster keluarga hingga menyebar ke warga. Akhirnya ada yang memiliki komorbid terjangkit dan harus menghembuskan nafas," jelasnya.

Maka dari itu, tegas Hamenang,  pentingnya memberlakukan isolasi terpusat untuk warga yang terpapar virus Covid-19 di Kabupaten Bersinar.

Baca juga: Pedagang Angkringan dan Tukang Ojek yang Terdampak PPKM Darurat Menerima Bantuan dari Polres Klaten

Ia pun menjelaskan, setidaknya ada tiga nilai plus yang bisa didapatkan saat warga menjalani isolasi terpusat, pertama mengurangi risiko penularan yang cepat karena langsung memisahkan warga terkonfirmasi dengan warga lainnya.

Kedua, pemerintah bisa memantau kesehatan serta memastikan asupan nutrisi warga terkonfirmasi tersebut setiap saat ketika berada di tempat isolasi terpusat yang disediakan.

Ketiga, keluarga terkonfirmasi yang ada di rumah dan hasil swabnya negatif tetap bisa berkegiatan baik mencari nafkah ataupun kegiatan lainnya sehingga tidak menganggu warga yang lainnya.

"Kami rasa ini solusi terbaik yang harus dilaksanakan. Tentu ini bukan kebijakan yang populis namun memang kebijakan yang harus diambil dan dilaksanakan agar tidak bertambah lagi warga kita yang menjadi korban," tandas Hamenang. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved