Breaking News:

Ingat, Perketat Prokes Diri Pakai Masker Dua Lapis Itu Lebih Baik

TINDAK lanjut aturan pemerintah terkait perpanjangan PPKM Level 4, Satgas Covid-19 di Kabupaten Magelang imbau masyarakat perketat prokes.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Agus Wahyu
Shutterstock
Ilustrasi penggunaan masker dobel untuk mencegah Covid-19. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebagai tindak lanjut aturan pemerintah terkait adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, Satgas Covid-19 di Kabupaten Magelang mengimbau masyarakat agar memperketat protokol kesehatan, satu di antaranya menggunakan masker dobel atau dua lapis.

Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menuturkan, penggunaan masker berlapis yang dianjurkan yakni menggunakan masker medis yang dirangkap dengan penggunaan masker kain.

"Kami minta masyarakat bisa menggunakan masker berlapis saat beraktivitas di luar ruangan. Apalagi, di Kabupaten Magelang ditemui varian corona baru atau delta yang memerlukan kewaspadaan ekstra," jelas Nanda, Jumat (23/7/2021).

Ia menambahkan, Covid-19 varian delta diketahui dapat menyebarkan virus lebih cepat dibandingkn virus Covid-19 pada umumnya. Sehingga, antispasi paling utama dan sederhana yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan menggunakan masker berlapis.

"Sebelumya, varian delta memang sudah ditemukan masuk ke wilayah Kabupaten Magelang. Dengan ada pertanda itu, maka masyarakat harus memperketat prokes lebih ekstra lagi. Di antaranya ya memakai masker dobel," terangnya.

Menurutnya, selama ini kepatuhan masyarakat menggunakan masker di tempat umum khususnya wilayah Magelang sudah tinggi. Namun, masih banyak yang belum menggunakan masker berlapis setelah ditemukannya varian delta tersebut.

"Kesadaran masyarakat untuk prokes seperti pemakaian masker sudah baik. Tetapi, kebanyakan masih pakai masker satu lapis misalnya masker kain atau medis saja. Kami imbau sekali agar masyarakat bisa memakai masker dobel, untuk menekan angka penularan. Harapannya, target PPKM Level 4 pun bisa tercapai," urainya. (ndg)

Baca selengkapnya Tribun Jogja edisi Sabtu 24 Juli 2021 halaman 06.

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved