Breaking News:

Salat Duha

Inilah 4 Waktu Haram untuk Melaksanakan Salat Duha

Sholat sunnah yaitu sholat dhuha, sholat dhuha ini adalah sholat yang di anjurkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW untuk melakukannya

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
tribunjogja.com
ilustrasi sholat 

TRIBUNJOGJA.COM- Salat adalah hal hal yang saat wajib di laksanakan untuk umat islam, karena salat adalah salah satuhal yang memang di inginkan Allah SWT agar umatnya selalu ada di jalannya.

Ilustrasi Sholat Dhuha
Ilustrasi Sholat Dhuha (Human Resources Online)

Salat bukan tentang di lakukan tetapi salat juga membuat umat islam lebih dekat lagi dengan sangpencipta, selain salat wajib 5 waktu, ada pula salat sunah.

Salat sunah di antaranya yaitu salat duha. Salat duha ini adalah salat  yang di anjurkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW untuk melakukannya, Nabi Muhammad semasa hidupnya melakukan Salat duha.

Salat duha banyak memberikan kebaikan dan manfaat pada hidup kita, salat duha dilakukan setelah terbitnya matahari hingga sebelum waktu sholat dhuzur, waktu terbaik salat duha yaitu 07.00 hingga pukul 11.00.

Adapun 4 waktu yang haram ketika ingin melakukan salat duha:

Pertama, Dari Ibnu Abbas berkata: “Datanglah orang-orang yang diridhai dan ia ridha kepada mereka yaitu umar, ia berkata bahwasannya Nabi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang sholat sesudah subuh hingga matahari bersinar, dan sesudah asar hingga matahari terbenam.” (HR. Bukhari)

Kedua, Dari Ibnu Umar berkata” “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: apabila sinar matahari terbit maka akhirkanlah (jangan melakukan) sholat hingga matahari tinggi.

Dan apa bila sinar matahari terbenam, maka akhirkanlah (jangan melakukan) sholat hingga matahari terbenam.” (HR. Bukhari)

Baca juga: 3 Keutamaan yang Akan Anda Dapatkan Jika Melaksanakan Salat Duha

Ketiga, Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dua shalat.

Beliau melarang sholat sesudah sholat subuh sampai matahari terbit dan sesudah sholat asar sampai matahari terbenam. (HR. Bukhari)

Keempat, Dari Muawiyah ia berkata (kepada suatu kaum): “Sesungguhnya kamu melakukan sholat (dengan salah).

Kami telah menemani Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kami tidak pernah melihat beliau melakukan salat itu karena beliau telah melarangnya, yaitu dua rakaat sesudah sholat asar”. (HR. Bukhari)

Lakukanlah salat duha dengan ketentuan waktu yang sudah di tetapkan, jangan melakukan salat duha di ke empat waktu tersebut. ( MG_ Tribunjogja | Kurnia Wati )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved